Kamis 07 Sep 2023 08:48 WIB

Pentagon akan Rilis Laporan Tahunan Terkait Kekuatan Militer Cina

Laporan itu menggambarkan kekuatan militer Cina termasuk nuklir

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Tahun lalu, laporan Pentagon memperkirakan bahwa Cina kemungkinan akan memiliki 1.500 hulu ledak nuklir pada tahun 2035
Foto: Foto AP/Patrick Semansky, File
Tahun lalu, laporan Pentagon memperkirakan bahwa Cina kemungkinan akan memiliki 1.500 hulu ledak nuklir pada tahun 2035

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pentagon memperkirakan akan merilis laporan tahunan yang diawasi dengan ketat mengenai modernisasi militer dan strategi pertahanan Cina pada pertengahan Oktober 2023, kata seorang pejabat senior pertahanan AS pada Rabu (6/9/2023).

Laporan tahunan tersebut menawarkan gambaran tentang segala hal, mulai dari kekuatan nuklir Cina hingga tekanannya terhadap Taiwan. Klaim Cina atas Taiwan inilah yang membuat Beijing mendapat kritik tajam dunia internasional.

Baca Juga

"Ini akan menjadi, seperti biasa, dokumen penting dan kami akan melakukan apa pun yang kami bisa untuk membuatnya dapat diakses oleh khalayak dan benar-benar menyoroti apa yang baru di sana. Karena ini adalah dokumen yang cukup tebal," kata Ely Ratner, asisten menteri pertahanan AS untuk urusan keamanan Indo-Pasifik.

Tahun lalu, laporan Pentagon memperkirakan bahwa Cina kemungkinan akan memiliki 1.500 hulu ledak nuklir pada tahun 2035, jika terus melanjutkan laju pembangunan nuklirnya saat ini. Kementerian Pertahanan Cina menanggapi dengan mengatakan bahwa AS "hanya menebak-nebak dan menebak-nebak secara tidak masuk akal tentang modernisasi kekuatan nuklir Cina."

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement