Kamis 07 Sep 2023 10:50 WIB

Kalifornia Segera Bebas dari Diskriminasi Berdasarkan Kasta

Beberapa kelompok Hindu Amerika menentang keras rancangan pelarangan diskriminasi.

Senator Kalifornia Aisha Wahab (kanan) berbicara setelah senat meloloskan rancangan pelarangan diskriminasi berdasarkan kasta,  Rabu (6/9/2023).
Foto: EPA-EFE/JOHN G. MABANGLO
Senator Kalifornia Aisha Wahab (kanan) berbicara setelah senat meloloskan rancangan pelarangan diskriminasi berdasarkan kasta, Rabu (6/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA – Parlemen Negara Bagian Kalifornia, Los Angeles, meloloskan rancangan peraturan yang melarang diskriminasi berdasarkan kasta. Sistem sosial yang telah berjalan lama dan berakar dari wilayah Asia Selatan. 

Kalifornia menjadi negara bagian pertama di AS yang bakal melarang diskriminasi berdasarkan kasta ini. Pada Selasa (5/9/2023) Senat Negara Bagian Kalifornia meloloskan rancangan peraturan SB 403 dengan perbandiangan suara 31-5.  

Baca Juga

Setelah lolos di parlemen, rancangan ini dibawa ke meja Gubernur Gavin Newsom, yang berlatar Partai Demokrat. Parai aktivis mendorong agar sang gubernur membubuhkan tanda tangannya sehingga rancangan itu sah menjadi peraturan negara bagian. 

‘’Saya bangga berdiri dalam solidaritas bersama setiap orang yang menyatakan dirinya warga Kalifornia, mengalami diskriminasi kasta, dan yang menginginkan diskriminasi ini dihentikan,’’ kata senator dari Demokrat, Aisha Wahab, seperti dilansir Aljazirah, Rabu (6/9/2023). 

Aisha, Muslimah keturunan Afghanistan yang menggagas dan menyusun rancangan peraturan pelarangan diskriminasi berdasarkan kasta ini. Ia seorang Demokrat. ‘’Kita menyalakan sinar yang menyorot bentuk diskriminasi tersembunyi yang telah berjalan ribuan tahun.’’

Rancangan yang diajukan Aisha memperolah dukungan luas dari kelompok pembela hak sipil dan organisasi keadilan sosial. Mereka menyanjung ini merupakan kemenangan besar dalam memerangi sistem kasta yang masih berlaku di Amerika Utara. 

Sebelum mendapatkan lampu hijau dari senat, rancangan ini juga lolos melalui pemungutan suara 55 banding 3 di Dewan Negara Bagian pada 29 Agustus lalu.  Dalit, yang menghuni strata paling rendah dalam sistem kasta, menyatakan diskriminasi masih mereka terima. 

Ini terjadi di antara diaspora Asia Selatan, baik di tempat kerja, kelas, maupun kehidupan sosial. Sistem kasta berlaku di India, yang secara formal dihapuskan pada 1940-an. Namun Dalit menyatakan, diskriminasi tetap berjalan. 

Di Kalifornia, sejumlah anggota komunitas Dalit, kian peduli soal diskriminasi ini setelah mereka mengalami secara individual dari orang yang kastanya lebih tinggi. 

Kesadaran Kaur mulai berubah ...

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement