Sabtu 09 Sep 2023 12:23 WIB

Gempa Besar Guncang Wilayah Pegunungan Maroko, 296 Orang Tewas

Ighil merupakan area pegunungan dengan desa-desa pertanian kecil.

Warga memilih berada di luar rumah demi keamanan setelah gempa, di Rabat, Moroko, 8 September 2023.
Foto:

Di Marrakech, seorang warga bernama Id Waaziz Hassan menuturkan, sejumlah rumah di kota tua runtuh dan warga bekerja keras menggunakan tangan kosong memindahkan puing reruntuhan sambil meninggu peralatan berat. 

Tayangan video memperlihatkan, satu sisi tembok kota di zaman pertengahan ini mengalami retakan besar sedangkan sisi ainnya runtuh. Puing reruntuhan berserakan menutup jalan. Warga lainnya, Brahim Himmi melihat beberapa ambulans keluar dari kota. 

Banyak bangunan, jelas dia, rusak. Banyak orang memutuskan berada di luar rumah khawatir ada gempa susulan. ‘’Lampu jatuh dari langit-langit dan saya keluar rumah. Saya bersama anak masih di luar, takut,’’ ujar Houda Hafsi (43). 

Menurut warga perempuan lainnya, Dalila Fahem, terdapat retakan-retakan di rumahnya serta merusak furniture.’’Beruntung, saya belum tidur.’’

Orang-orang di Rabat, sekitar 350 arah utara dari Ighil dan kota pantai Imsouane yang berjarak 180 km arah barat Ighil juga memutuskan keluar dari rumah, menyelamatkan diri. Mereka takut terjadi gempa yang lebih kuat. 

Video-video yang dibagikan di media sosial tak lama setelah gempa, menunjukkan orang yang ketakutan lari keluar dari sebuah pusat perbelanjaan, restoran, dan apartemen. Mereka berkumpul di luar bangunan tersebut. 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement