Ahad 10 Sep 2023 16:37 WIB

Gempa Maroko Tewaskan Lebih dari 2.000 Orang, Penyintas Tidur di Alas Seadanya

Gempa Maroko disebut sebagai yang terbesar dalam enam dekade terakhir.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
 Para penyintas gempa Maroko berkumpul di tempat terbuka
Foto: AP
Para penyintas gempa Maroko berkumpul di tempat terbuka

REPUBLIKA.CO.ID, AMIZMIZ -- Para penyintas gempa Maroko berkumpul di tempat terbuka di Pegunungan Atlas pada hari Sabtu (9/9/2023), sehari setelah gempa paling mematikan mengguncang negara itu. Gempa disebut sebagai yang terbesar dalam enam dekade terakhir dan telah menewaskan lebih dari 2.000 orang serta meluluhlantakkan sejumlah desa.

Para warga yang selamat masih mencari korban yang tertimbun di lereng-lereng bukit. Rumah-rumah yang terbuat dari batu bata lumpur, batu dan kayu kasar retak. Menara-menara masjid juga ikut roboh. Tak hanya itu, kota tua bersejarah Marrakech mengalami kerusakan parah.

Baca Juga

Kementerian Dalam Negeri mengatakan 2.012 orang tewas dan 2.059 orang terluka, termasuk 1.404 orang dalam kondisi kritis. Survei Geologi AS mengatakan bahwa gempa tersebut berkekuatan 6,8 SR dengan pusat gempa sekitar 72 km (45 mil) barat daya Marrakech.

Di Desa Amizmiz yang dekat dengan pusat gempa, para petugas penyelamat mengangkat reruntuhan dengan tangan kosong. Batu-batu yang berjatuhan menutup jalan-jalan sempit. Di luar rumah sakit, sekitar 10 mayat terbaring ditutupi selimut, sementara kerabat yang berduka berdiri di dekatnya.

Hampir semua rumah di daerah Asni, sekitar 40 km sebelah selatan Marrakesh, rusak, dan penduduk desa bersiap untuk bermalam di luar. Persediaan makanan sangat terbatas karena atap-atap dapur runtuh, kata seorang penduduk desa, Mohamed Ouhammo.

Montasir Itri, seorang warga Asni, mengatakan pencarian korban masih terus dilakukan. "Tetangga kami berada di bawah reruntuhan dan orang-orang bekerja keras untuk menyelamatkan mereka dengan menggunakan sarana yang tersedia di desa," katanya.

Desa Tansghart di daerah Ansi, di sisi lembah di mana jalan dari Marrakech naik ke High Atlas, merupakan daerah yang paling parah terkena dampak gempa bumi yang disaksikan oleh Reuters. Rumah-rumah yang dulunya indah, yang menempel di lereng bukit yang curam, retak akibat guncangan gempa. Rumah-rumah yang masih berdiri kehilangan sebagian tembok atau plesternya. Dua menara masjid telah runtuh.

Abdellatif Ait Bella, seorang pekerja, terbaring di tanah, hampir tidak bisa bergerak atau berbicara, kepalanya diperban karena luka-luka yang disebabkan oleh puing-puing yang berjatuhan.

"Kami tidak memiliki rumah untuk membawanya ke rumah sakit dan tidak memiliki makanan sejak kemarin," kata istrinya, Saida Bodchich, yang mengkhawatirkan masa depan keluarga mereka yang beranggotakan enam orang dengan pencari nafkah tunggal yang terluka parah. "Kami tidak bisa mengandalkan siapa pun kecuali Tuhan."

Desa ini sudah berduka atas sepuluh kematian termasuk dua gadis remaja, kata seorang penduduk.

Getaran gempa terasa hingga ke Huelva dan Jaen di Spanyol selatan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa lebih dari 300.000 orang terkena dampak di Marrakech dan sekitarnya.

Warga berlarian cari perlindungan...

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement