Jumat 15 Sep 2023 14:12 WIB

Ini Komentar Cina Seusai Jokowi Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Beijing berharap, KCJB akan membantu memudahkan mobilitas masyarakat Indonesia.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Pemerintah Cina mencatat komentar positif Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).
Foto: EPA-EFE/AKBAR NUGROHO GUMAY
Pemerintah Cina mencatat komentar positif Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING – Pemerintah Cina mencatat komentar positif Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Beijing berharap, KCJB akan membantu memudahkan mobilitas masyarakat Indonesia.

“Kami telah mencatat uji kendara dan komentar positif Presiden Jokowi. Kami berharap dan percaya bahwa kereta api berkecepatan tinggi, setelah beroperasi, akan memudahkan transportasi masyarakat Indonesia dan membuka potensi lokal untuk pembangunan ekonomi,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Cina Mao Ning saat diminta komentarnya tentang uji coba KCJB oleh Jokowi dalam pengarahan pers, Kamis (14/9/2023), dikutip laman resmi Kemenlu Cina.

Baca Juga

Mao menjelaskan, KCJB adalah sebuah proyek andalan di bawah kerja sama Belt and Road Initiative antara Cina dan Indonesia. Dia mengatakan, proyek tersebut selalu mendapat perhatian dari presiden kedua negara. “Kereta api berkecepatan tinggi ini, yang pertama di Asia Tenggara, merupakan proyek kereta api berkecepatan tinggi Cina pertama di luar negeri yang seluruh sistemnya, faktor produksinya, dan rantai industrinya dipasok oleh Cina,” ujarnya.

Menurut Mao, proyek KCJB menjadi contoh nyata bagaimana Cina dan negara-negara regional bersama-sama mengupayakan modernisasi dengan mengikuti prinsip konsultasi luas dan manfaat bersama. “Hal ini tentunya akan memberikan dorongan yang kuat terhadap konektivitas regional,” katanya.

Presiden Jokowi menjajal KCJB pada Rabu (13/9/2023) lalu. Dia didampingi sejumlah menteri, antara lain Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Direktur Utama KAI Didiek Hartyanto dan Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi juga turut mendampingi Presiden.

Dalam uji kendara KCJB, sejumlah artis dan pemengaruh turut diundang. Mereka antara lain Raffi Ahmad, Vino G Bastian, Marsha Timothy, Nirina Zubir, dan Yuni Shara, Cak Lontong, dan Armand Maulana. Jokowi dan rombongan berangkat dari Stasiun Halim, Jakarta Timur, pada pukul 09.00 WIB. Dalam perjalanan, kereta dipacu hingga mencapai kecepatan 350 kilometer per jam.

Dalam waktu sekitar 25 menit, kereta yang ditumpangi Jokowi dan rombongan tiba di Stasiun Padalarang. “Saya empat kali datang ke proyek kereta cepat, tapi memang baru pertama kali tadi mencoba. Nyaman dan pada kesempatan tadi 350 kilometer per jam tidak terasa sama sekali, baik waktu duduk, maupun saat saya berjalan. Sehingga, ya inilah peradaban,” kata Jokowi seusai menjajal KCJB.

Dari Stasiun Padalarang, Jokowi dan rombongan menggunakan KA feeder dan tiba di Stasiun Bandung pada pukul 09.55 WIB.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement