Jumat 15 Sep 2023 20:11 WIB

Perdana, Arab Saudi Undang Delegasi Houthi ke Riyadh

Houthi diajak rundingkan gencatan senjata permanen dan penyelesaian konflik Yaman.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
 Warga Yaman mengunjungi makam kerabat yang terbunuh di pemakaman orang yang tewas dalam perang di Yaman, di Sanaa.
Foto:

Pada 17 April 2023, Komite Internasional Palang Merah (ICRC) mengungkapkan, para pihak di Yaman telah membebaskan hampir seribu tahanan selama empat hari. “Operasi pembebasan ini menyatukan kembali ratusan keluarga tepat saat perayaan Idul Fitri. Mereka dimungkinkan oleh tindakan niat baik yang kuat yang diharapkan juga akan membawa kita lebih dekat untuk melihat akhir dari konflik dan penderitaan manusia selama bertahun-tahun,” kata Kepala Delegasi ICRC di Yaman Daphnee Maret.

Menurut ICRC, dari 14 hingga 16 April 2023, ICRC telah mengoperasikan 15 penerbangan yang membawa 869 tahanan kembali ke empat kota di Yaman dan dua di Arab Saudi. Selain itu, koalisi yang dipimpin Saudi meminta ICRC memfasilitasi pembebasan 104 tahanan secara terpisah dari Saudi ke Yaman.

Perkembangan positif dalam proses menuju perdamaian di Yaman mulai terjadi sejak Saudi dan Iran sepakat memulihkan hubungan diplomatik pada Maret lalu. Konflik di Yaman telah berlangsung sejak 2014.

Krisis di sana memburuk sejak koalisi pimpinan Saudi melakukan operasi militer untuk mendukung pasukan pemerintah melawan milisi Houthi pada 2015. Sejak September 2014, Houthi telah berhasil merebut dan menguasai ibu kota Yaman, Sanaa.

Saudi memang memiliki kekhawatiran terhadap Houthi. Riyadh memandang kelompok tersebut sebagai ancaman terhadap keamanannya. Selama ini Houthi memperoleh dukungan dari Iran. Menurut PBB, konflik Yaman telah merenggut 223 ribu nyawa.

Dari 30 juta penduduknya, 80 persen di antaranya kini bergantung pada bantuan kemanusiaan untuk bertahan hidup. PBB telah menyatakan bahwa krisis Yaman merupakan salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement