Selasa 19 Sep 2023 14:30 WIB

Remaja Kulit Hitam di AS Diskors karena Gaya Rambutnya

Bagi orang kulit hitam, gaya rambut lebih dari sekadar pernyataan fesyen.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Rambut wanita Afrika Amerika.
Foto:

Menurut menteri politik nasional New Black Panther Nation Candice Matthews, rambut selalu memainkan peran penting bagi diaspora kulit hitam.

“Rambut gimbal dianggap sebagai hubungan dengan kebijaksanaan. Ini bukan sekedar iseng, dan ini bukan tentang mencari perhatian. Rambut adalah hubungan kita dengan jiwa kita, warisan kita, dan hubungan kita dengan Tuhan," kata Matthews.

Bagi keluarga George, semua pria memiliki rambut gimbal dari generasi ke generasi. Bagi mereka, gaya rambut memiliki kepentingan budaya dan agama.

“Rambut kita adalah tempat kekuatan kita, disitulah akar kita. Dia mengunci nenek moyangnya di rambutnya, dan dia tahu itu," kata ibu pelajar Darresha George.

Para sejarawan mengatakan, kepang dan gaya rambut lainnya berfungsi sebagai metode komunikasi di seluruh masyarakat Afrika. Gaya rambut ini mengidentifikasi afiliasi suku atau status perkawinan, termasuk sebagai petunjuk keselamatan dan kebebasan bagi yang ditangkap dan diperbudak.

Setelah perbudakan dihapuskan, rambut orang kulit hitam Amerika bersifat politis. Meskipun Undang-Undang Hak Sipil 1964 melarang diskriminasi berdasarkan ras, warna kulit, agama, jenis kelamin, dan asal negara, orang kulit hitam terus menghadapi stigma profesional dan sosial. Mereka dinilai tidak menerapkan kebiasaan berdandan yang sesuai dengan standar dan norma kecantikan kulit putih Eropa.

Isu diskriminasi rambut berbasis ras di tempat kerja telah lama muncul seiring dengan kekhawatiran di sekolah negeri dan swasta. Pada 2018, seorang wasit kulit putih di New Jersey menyuruh pegulat kulit hitam untuk memotong rambut gimbalnya atau membatalkan pertandingan.

Video viral yang menunjukkan pegulat memotong rambutnya dengan gunting saat penonton menyaksikannya memicu skorsing wasit. Tindakan ini mendorong pengesahan Undang-Undang CROWN negara bagian tersebut. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement