Selasa 26 Sep 2023 06:13 WIB

Kebun Binatang Washington Gelar Pesta Perpisahan untuk Panda Selama Sembilan Hari

Acara perpisahan ini terhambat akibat cuaca buruk dan penutupan pemerintahan AS.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Panda (ilustrasi). Kebun Binatang Nasional di Washington, Amerika Serikat (AS), memberikan penghormatan kepada ketiga panda raksasa dengan menggelar acara perpisahan selama sembilan hari.
Panda (ilustrasi). Kebun Binatang Nasional di Washington, Amerika Serikat (AS), memberikan penghormatan kepada ketiga panda raksasa dengan menggelar acara perpisahan selama sembilan hari.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Kebun Binatang Nasional di Washington, Amerika Serikat (AS), memberikan penghormatan kepada ketiga panda raksasa. Fasilitas ini mengadakan acara selama sembilan hari menjelang kepulangan mereka ke Cina. 

Tapi, penyelenggaraan ini terhambat akibat cuaca buruk dan penutupan pemerintahan AS. Menurut laporan media lokal, kegiatan "Panda Palooza" untuk menghormati warisan hewan-hewan tersebut sebagai duta dan ikon Washington yang dicintai. 

Baca Juga

Hujan lebat akibat Badai Tropis Ophelia membuat jumlah pengunjung turun drastis. Cuaca juga memaksa kebun binatang untuk membatalkan beberapa acara di luar ruangan selama akhir pekan. 

Tapi kondisi itu tidak menghalangi beberapa pengunjung dari seluruh AS untuk berbondong-bondong ke kandang panda untuk melihat sekilas ketiga hewan tersebut untuk terakhir kalinya. Mei Xiang, Tian Tian, dan anaknya Xiao Qi Ji dijadwalkan akan dikembalikan pada awal Desember.

Pada pekan mendatang akan menampilkan pemutaran film bertema panda, konser, ceramah, yoga, kegiatan seni dan kerajinan. Menurut situs kebun binatang, akan ada suguhan perayaan lezat yang disediakan oleh Kedutaan Besar Cina di Washington. 

Hanya saja, perayaan tersebut bisa berakhir satu hari lebih cepat dari yang direncanakan, jika Kongres gagal menyediakan dana untuk tahun fiskal yang dimulai 1 Oktober. Perselisihan sedang berlangsung antara Partai Republik sayap kanan dan anggota parlemen lainnya.

Kebun binatang yang dioperasikan oleh Smithsonian Institute telah menerima dana federal. Fasilitas ini akan terpaksa ditutup untuk umum selama penutupan pemerintah. Penutupan ini tidak akan mengganggu perawatan hewan, tetapi pertunjukan langsung yang populer "Panda Cam" di kebun binatang akan menjadi gelap atau tidak tersedia. 

Mei Xiang yang kini berusia 25 tahun dan Tian Tian berusia 26 tahun datang ke kebun binatang pada 2000 berdasarkan perjanjian penelitian dan pembiakan dengan Asosiasi Konservasi Margasatwa Cina. Panda-panda tersebut awalnya dimaksudkan untuk bertahan selama 10 tahun, tetapi perjanjian tersebut telah diperbarui tiga kali sejak 2010.

Program panda raksasa di kebun binatang ini dimulai pada 1972. Ketika itu Perdana Menteri Cina Zhou Enlai menyumbangkan dua ekor panda ke AS segera setelah kunjungan bersejarah Presiden Richard Nixon ke Cina pada tahun itu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement