Kamis 28 Sep 2023 14:35 WIB

Guru-Guru Indonesia Dapat Penghargaan dari Kerajaan Thailand

Kerajaan Thailand memberikan penghargaan pada guru-guru berprestasi di 11 negara

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Kerajaan Thailand memberikan penghargaan pada guru-guru berprestasi di 11 negara termasuk Indonesia.
Foto: EPA-EFE/NARONG SANGNAK
Kerajaan Thailand memberikan penghargaan pada guru-guru berprestasi di 11 negara termasuk Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kerajaan Thailand memberikan penghargaan pada guru-guru berprestasi di 11 negara termasuk Indonesia. Penghargaan taraf internasional ini sudah diberikan sejak 2015 dan diserahkan setiap dua tahun sekali.

Manajer dan anggota Komite Yayasan Penghargaan Putri Maha Chakri (PMCA) Benjalug Namfa mengatakan penghargaan ini diberikan pada guru berprestasi di negara-negara Asia Tenggara dan Timor Leste. Sejak 2015 penghargaan ini sudah diberikan pada 44 guru.

"Kami bekerja sama dengan kementerian-kementerian pendidikan di masing-masing negara," kata Benjalug kepada Republika, Rabu (27/9/2023).

PMCA mengatakan penghargaan ini untuk menghormati  pencapaian Yang Mulia Putri Maha Chakri Sirindhorn atas  di bidang pendidikan dan pengembangan kualitas hidup masyarakat, terutama bagi mereka yang kurang beruntung dan menghormati para guru yang berdedikasi tinggi di Asia Tenggara yang memberikan kontribusi signifikan pada pendidikan dan pembangunan manusia.

Para penerima, kata PMCA, merupakan guru dan yang layak mendapatkan pengakuan internasional. PMCA mengatakan penghargaan ini juga untuk mendukung dan mempromosikan pengembangan profesi guru dan pengembangan pendidikan serta Memperkuat hubungan internasional di bidang pendidikan.

Benjalug mengatakan para penerima penghargaan merupakan guru-guru yang berusaha menggunakan sumber daya yang ada untuk memberikan pendidikan. Ia menambahkan selain itu penerima penghargaan juga guru yang dapat mendorong semangat siswa.

Peraih penghargaan dari Indonesia antara lain Herwin Hamid, Encon Rahman, Rudy Haryadi, Khoriyah Abdul Mukti dan penerima terbaru Harisyani dari Kota Binjai, Sumatera Utara. Para peraih penghargaan mengatakan upaya-upaya inovatif mereka dalam memajukan pendidikan dibagikan pada peraih penghargaan negara lainnya.

Rudy mengatakan ia berkolaborasi dengan para peraih penghargaan PMCA lainnya. Salah satunya membuat film bilingual dalam bahasa Indonesia dan Malaysia. Encon yang berprestasi di bidang tulis menulis mendorong para siswa untuk membuat tulisannya sendiri. Ia memberikan turut memberikan workshop caranya mendorong literasi siswa ke guru-guru Thailand.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement