Senin 02 Oct 2023 10:42 WIB

Seorang Pria Australia Tewas Seusai Ditabrak Paus

Perahu yang ditumpangi terbalik setelah ditabrak seekor paus

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
 Hiu paus berenang di perairan Ningaloo Reef di Australia Barat.
Foto: EPA
Hiu paus berenang di perairan Ningaloo Reef di Australia Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Pihak berwenang Australia mengatakan seorang pria tewas dan satu orang lain sedang di rawat di rumah sakit setelah perahu mereka terbalik usai ditabrak seekor paus. Kecelakaan tersebut terjadi saat para korban sedang memancing.

Polisi mengatakan satu orang ditarik keluar dari air dalam keadaan tidak sadar di Botany Bay, pinggir pantai Sydney. Satu orang tewas sementara rekannya masih di rumah sakit dan kondisinya stabil.

"Seekor paus terlibat, siapa yang mengira ini akan terjadi, ini sangat tragis," kata Menteri Kepolisian Negara Bagian New South Wales Yasmin Catley, Sabtu (30/9/2023).

Menteri Kedaruratan Negara Bagian Jihad Dib mengatakan ini "kecelakaan yang sangat aneh."

"(Perahu) tampaknya ditabrak atau terdampak hantaman paus, menyebabkan perahu terbalik, melontarkan kedua pria," kata polisi dalam pernyataanya. Polisi tidak menyebutkan spesies pausnya.

Pinggir pantai Australia dihuni 10 spesies paus besar dan 20 spesies yang lebih kecil. Namun kematian akibat paus di daerah itu jarang terjadi. Australia dan negara tetangganya Selandia Baru kerap menjadi lokasi paus terdampar.

Pada bulan Juni lalu delapan warga Denmark diselamatkan ketika perahu layar mereka terbalik di Samudra Pasifik setelah bertabrakan dengan satu atau dua ekor paus.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement