Selasa 03 Oct 2023 19:56 WIB

Dubes RI: Hubungan Indonesia-Mesir Semakin Erat

Kerja sama ekonomi Indonesia dan Mesir terus bertumbuh selama 10 tahun terakhir.

Dubes Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf dan para tamu undangan memotong kue bersama dalam acara Resepsi Diplomatik yang diadakan oleh KBRI Kairo di Mesir, Senin (2/10/2023).
Foto: KBRI Mesir
Dubes Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf dan para tamu undangan memotong kue bersama dalam acara Resepsi Diplomatik yang diadakan oleh KBRI Kairo di Mesir, Senin (2/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf menyatakan bahwa hubungan kerja sama antara Indonesia dan Mesir dalam berbagai bidang seperti perdagangan, ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan, semakin erat.

Lutfi juga berpendapat bahwa Indonesia dan Mesir bisa menghadapi tantangan ekonomi global yang sedang terjadi melalui komitmen, determinasi, serta kerja keras.

“Kemitraan dan kolaborasi antarnegara adalah kunci kesuksesan dalam menghadapi tantangan global yang kita hadapi saat ini sebagai akibat dari pandemi Covid-19 serta krisis pangan dan energi,” kata Lutfi dalam keterangan tertulis KBRI Kairo yang diterima di Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Lutfi menyampaikan hal tersebut dalam acara Resepsi Diplomatik yang memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Wisma Duta KBRI Kairo, Senin (2/10/2023).

Ia juga menyampaikan bahwa Indonesia dan Mesir telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) Pembentukan Komite Perdagangan Bersama di Kairo dan disebutkan bahwa keberadaan komite tersebut sangat penting untuk mengidentifikasi dan mengoptimalkan potensi kerja sama ekonomi yang masih belum dimanfaatkan oleh kedua negara.

Menurut Lutfi, hubungan kerja sama antara Indonesia dan Mesir bukanlah persaingan, melainkan hubungan yang saling melengkapi komoditas perdagangan satu sama lain.

Dalam bidang ekonomi dan perdagangan, kerja sama Indonesia dan Mesir terus bertumbuh selama 10 tahun terakhir. Indonesia-Mesir berhasil meningkatkan nilai perdagangan bilateral sebesar 56 persen selama masa pandemi. Sementara, dalam bidang pendidikan, saat ini terdapat 13 ribu mahasiswa Indonesia yang mayoritas belajar di Universitas Al Azhar, Kairo, di Mesir.

Dia juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi pada pemerintah dan masyarakat Mesir yang menyambut warga Indonesia dan memberi kesempatan untuk belajar dan tinggal di Mesir.

Acara resepsi diplomatik tersebut dihadiri oleh para pejabat tinggi Mesir, diplomat dan atase pertahanan negara-negara asing di Mesir, serta mitra kerja KBRI Kairo.

Dalam acara tersebut, KBRI Kairo menghadirkan berbagai jenis koleksi batik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, serta menyajikan makanan khas Indonesia, seperti sate, nasi goreng, dan sejumlah jajanan khas Indonesia.

KBRI Kairo juga menampilkan pertunjukan lagu dan tari daerah asal Indonesia serta video yang mempromosikan keindahan alam dan proses pembangunan yang sedang dilaksanakan di Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement