Sabtu 07 Oct 2023 15:19 WIB

Pejuang Hamas Lancarkan Serangan Militer Mendadak, Tembus Wilayah Israel.

Pejuang perlawanan Palestina menembus permukiman Israel di dekat perbatasan Gaza.

Gedera, sebuah kota yang masuk wilayah Israel terkena roket yang diluncurkan pejuang Hamas, Palestina.
Foto: EPA-EFE/ABIR SULTAN
Gedera, sebuah kota yang masuk wilayah Israel terkena roket yang diluncurkan pejuang Hamas, Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA --  Gerakan perlawanan Palestina, yaitu Hamas pada Sabtu (7/10/2023) dini hari WIB, melancarkan serangan militer mendadak terhadap Israel. Skala penyerangan, yang masih berlangsung, tidak sepenuhnya jelas.

Middle East Eye melaporkan, lebih dari 100 warga Israel terluka akibat tembakan roket. Media Palestina melaporkan bahwa pejuang Hamas telah menawan warga Israel. Kepala polisi Israel mengatakan, ada 21 lokasi konfrontasi aktif di Israel selatan dengan Hamas.

Hal itu terjadi ketika pejuang perlawanan Palestina mulai bergerak maju menuju permukiman Israel di sekitar Jalur Gaza, sebagai bagian dari Operasi Badai al-Aqsa. Pejuang perlawanan Palestina telah menembus permukiman Israel di dekat perbatasan Gaza.

Kondisi itu memaksa sebagian warga Israel memilih lari menuju bandara sekitar. Hal itu terjadi setelah operasi militer kejutan besar-besaran yang dilancarkan oleh Hamas.

Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh mengatakan dalam sebuah pernyataan, perlawanan Palestina sedang dalam “perjuangan heroik” untuk mempertahankan Masjid Al-Aqsa.

"Rakyat Palestina kami yang pemberani dan pekerja keras, mereka yang membebaskan dunia, perlawanan Palestina, pada momen bersejarah ini terlibat dalam perjuangan heroik untuk Masjid Al-Aqsa, situs suci kami, dan para tahanan kami,” kata Ismail.

"Selama beberapa hari terakhir, ribuan pemukim fasis dan kriminal menodai tempat suci Nabi (Muhammad) dan melakukan salat di sana untuk memaksakan kedaulatan atas wilayah tersebut. Jika dunia diam, kami tidak akan diam terhadap agresi ini," ujar Ismail.

Sementara itu, Brigade Qassam, sayap militer Hamas, telah merilis rekaman yang menunjukkan mereka mengambil alih situs militer Israel di dekat pagar perbatasan Jalur Gaza. Video tersebut menunjukkan para pejuang saling baku tembak dengan tentara Israel, yang kemudian terekam tewas.

Pejuang Palestina juga terekam berjalan kaki di dalam lokasi militer, yang memperlihatkan beberapa tank tak berawak di lokasi tersebut. Middle East Eye belum dapat memverifikasi rekaman tersebut secara independen. Militer Israel belum mengomentari korban atau kerugian yang diderita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement