Senin 09 Oct 2023 15:18 WIB

Saudi Waspada Badai Petir dan Hujan Es

Arab Saudi diperkirakan akan dilanda badai petir dan hujan es di beberapa tempat

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Hujan gerimis disertai angin dan petir melanda kota Arab Saudi
Foto: Republika/Agung Sasongko
Hujan gerimis disertai angin dan petir melanda kota Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Otoritas pertahanan sipil telah memperingatkan risiko badai petir yang sedang berlangsung di sebagian besar Arab Saudi. Kantor berita negara SPA menyebut kondisi tersebut akan berlangsung sepanjang pekan ini.

Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil lantas menyerukan agar warga berhati-hati. Warga disarankan untuk tetap tinggal di tempat yang aman dan jauh dari daerah rawan banjir.

Dilansir di Arab News, Senin (9/10/2023), pihak berwenang Saudi mengatakan beberapa wilayah Makkah, seperti Taif, Maysan, Adham, dan Al-Ardiyat, serta wilayah Asir, Jazan dan Al-Baha akan mengalami hujan sedang hingga lebat. Kondisi ini berpotensi menyebabkan hujan lebat, hujan es, hingga angin kencang dengan debu.

Badai debu ini juga mungkin diprediksikan terjadi di Al-Jamoum dan Al-Kamel. Tidak hanya itu, kondisi serupa juga diperkirakan terjadi di wilayah Madinah, Perbatasan Utara, Al-Jawf, Tabuk dan Hail.

Sebelumnya Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil juga pernah mengeluarkan imbauan bagi masyarakat untuk berhati-hati di tengah cuaca buruk pada akhir September lalu. Badai petir diperkirakan terjadi di sebagian besar wilayah Arab Saudi waktu itu.

Otoritas mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dan berada di tempat yang aman. Mereka juga diharap menjauhi beberapa titik, terutama lembah yang rawan banjir dan rawa air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement