Senin 09 Oct 2023 22:51 WIB

Pemenang Hadiah Nobel Bidang Ekonomi Jatuh pada Profesor Wanita di Harvard

Penelitian Goldin memajukan pemahaman kesenjangan gender di pasar tenaga kerja.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ani Nursalikah
Hadiah Nobel bidang ekonomi diberikan kepada profesor Universitas Harvard, Claudia Goldin, Senin (9/10/2023).
Foto: Harvard University
Hadiah Nobel bidang ekonomi diberikan kepada profesor Universitas Harvard, Claudia Goldin, Senin (9/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Hadiah Nobel bidang ekonomi diberikan kepada profesor Universitas Harvard, Claudia Goldin, Senin (9/10/2023). Goldin meraih Hadiah Nobel atas penelitiannya yang memajukan pemahaman tentang kesenjangan gender di pasar tenaga kerja.

Goldin menjadi perempuan ketiga yang memenangkan penghargaan tersebut dari 93 pemenang di bidang ekonomi. Dia telah memelajari partisipasi perempuan di tempat kerja selama 20 tahun.

Baca Juga

Penelitian Goldin menunjukkan, kendati pertumbuhan ekonomi terus berlanjut, upah yang diterima perempuan tidak selalu bisa mengimbangi gaji laki-laki. Selain itu, kesenjangan masih tetap ada kendati perempuan memperoleh tingkat pendidikan yang lebih tinggi daripada laki-laki.

“Saya selalu optimistis, tapi ketika saya melihat angka-angkanya, saya pikir sesuatu telah terjadi di Amerika, bahwa pada tahun 1990-an, tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan adalah yang tertinggi di dunia, dan sekarang bukan yang tertinggi di dunia,” ujar Goldin kepada The Associated Press.

“Kita harus mundur dan mengajukan pertanyaan tentang menyatukan keluarga, rumah, pasar dan lapangan kerja,” kata Goldin.

Seorang ekonom Randi Hjalmarsson mengatakan, penelitian Goldin tidak menawarkan solusi. Namun memungkinkan pembuat kebijakan untuk mengatasi masalah yang sudah mengakar.

Selanjutnya...

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement