Senin 09 Oct 2023 22:51 WIB

Pemenang Hadiah Nobel Bidang Ekonomi Jatuh pada Profesor Wanita di Harvard

Penelitian Goldin memajukan pemahaman kesenjangan gender di pasar tenaga kerja.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ani Nursalikah
Hadiah Nobel bidang ekonomi diberikan kepada profesor Universitas Harvard, Claudia Goldin, Senin (9/10/2023).
Foto:

Sering kali remaja putri membuat keputusan mengenai pekerjaan di masa depan dengan melihat partisipasi ibu mereka. "Setiap generasi belajar dari keberhasilan dan kegagalan generasi sebelumnya,” kata Hjalmarsson.

Hjalmarsson mengatakan, proses mengevaluasi prospek seiring dengan perubahan zaman membantu menjelaskan mengapa perubahan kesenjangan gender di pasar tenaga kerja berjalan sangat lambat.

Penghargaan Hadiah Nobel di bidang ekonomi ini diciptakan pada 1968 oleh bank sentral Swedia dan secara resmi dikenal sebagai Penghargaan Bank Swedia dalam Ilmu Ekonomi untuk Mengenang Alfred Nobel. Pemenang tahun lalu adalah mantan Ketua Federal Reserve Ben Bernanke, Douglas W Diamond dan Philip Dybvig atas penelitian mereka mengenai kegagalan bank yang membantu membentuk respons agresif Amerika terhadap krisis keuangan 2007-2008.

Hanya dua dari 92 penerima penghargaan ekonomi yang merupakan perempuan. Seminggu yang lalu, Katalin Karikó keturunan Hungaria-Amerika dan Drew Weissman dari Amerika memenangkan Hadiah Nobel bidang kedokteran. Hadiah fisika diberikan kepada fisikawan Prancis-Swedia Anne L’Huillier, ilmuwan Prancis Pierre Agostini, dan Ferenc Krausz kelahiran Hongaria.

Ilmuwan AS Moungi Bawendi, Louis Brus, dan Alexei Ekimov memenangkan hadiah kimia.  Disusul oleh penulis Norwegia Jon Fosse, yang dianugerahi penghargaan untuk bidang sastra. Kemudiam aktivis Iran yang dipenjara, Narges Mohammadi, memenangkan hadiah perdamaian.

Hadiah dibagikan dalam upacara penghargaan pada Desember di Oslo dan Stockholm. Para pemenang akan menerima hadiah uang tunai sebesar 11 juta kronor Swedia atau sekitar 1 juta dolar AS. Pemenang juga menerima medali emas 18 karat.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement