Jumat 20 Oct 2023 13:17 WIB

Fakta Kekuatan Militer Israel, Miliaran Belanja Pertahanan, dan Bantuan AS

Israel dikenal memiliki salah satu militer paling kuat di Timur Tengah.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Israel telah mengerahkan kekuatan militernya dengan terus mengebom Jalur Gaza.
Foto: EPA-EFE/AYAL MARGOLIN
Israel telah mengerahkan kekuatan militernya dengan terus mengebom Jalur Gaza.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Israel dikenal memiliki salah satu militer paling kuat di Timur Tengah. Hal itu tak lepas dari persenjataan besar yang didukung oleh miliaran dolar per tahun dalam bentuk bantuan pertahanan yang diberikan oleh Amerika Serikat (AS).

Dalam perang yang sedang berlangsung dengan Hamas, Israel telah mengerahkan kekuatan militernya dengan terus mengebom Jalur Gaza. Berikut yang perlu diketahui dikutip dari Al Arabiya, Jumat (20/10/2023)

Baca Juga

Kekuatan Militer Israel

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) memiliki 169.500 personel militer aktif, termasuk 126.000 di angkatan darat, menurut Institut Studi Strategis Internasional Inggris (IISS). Pasukan cadangan IDF terdiri dari 465.000 anggota, dan 8.000 lainnya adalah bagian dari paramiliter.

Menurut berbagai laporan media, hampir 300.000 tentara Israel telah ditempatkan di dekat perbatasan Jalur Gaza, seiring dengan meningkatnya spekulasi kemungkinan invasi darat. Di Israel, wajib militer adalah wajib bagi warga negara yang berusia di atas 18 tahun, sementara pria harus menjalani wajib militer selama 32 bulan dan wanita selama 24 bulan.

Pertahanan Darat Israel

Persenjataan militer Israel mencakup lebih dari 2.200 tank dan 530 artileri, termasuk peluncur roket yang digerakkan sendiri, ditarik, dan beberapa peluncur roket, menurut Neraca Militer 2023 dari IISS.

Pertahanan Udara Israel

Dengan beberapa pertahanan udara berteknologi paling canggih di dunia, Israel memiliki 339 pesawat tempur, termasuk 309 jet tempur serangan darat - 196 jet F-16, 83 jet F-15, dan 30 jet F-35. IDF juga memiliki 142 helikopter, termasuk 43 helikopter serang Apache, menurut IISS.

Kekuatan Angkatan Laut Israel

Militer Israel memiliki lima kapal selam dan 49 kapal patroli dan kapal tempur pesisir, demikian menurut data IISS.

Pertahanan Iron Dome Israel

Iron Dome adalah sistem pertahanan udara bergerak dengan jaringan detektor radar dan peluncur rudal yang bekerja sama untuk mencegat roket yang masuk. Pertama kali digunakan pada tahun 2011.

Iron Dome dibuat dengan bantuan AS, yang memasok suku cadang untuk sistem ini. Sistem pertahanan bernilai miliaran dolar ini sangat canggih dan telah mencegat lebih dari 90 persen roket yang ditembakkan oleh Hamas dan kelompok-kelompok Palestina lainnya pada tahun 2021, menurut IISS.

IISS juga menyatakan bahwa Israel memiliki kemampuan nuklir dengan rudal Jericho dan pesawat yang mampu membawa hulu ledak nuklir. Meskipun tidak dinyatakan sebagai negara nuklir, senjata nuklir Israel dianggap sebagai rahasia umum, dan Asosiasi Pengawasan Senjata AS menyebutkan jumlah hulu ledak nuklirnya mencapai 90 buah.

Pengeluaran militer Israel....

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement