Senin 23 Oct 2023 14:16 WIB

Kawanan Domba Padati Jalanan Ibu Kota Spanyol

Para penggembala memandu kawanan domba melewati pusat kota

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Para penggembala memandu kawanan domba melewati pusat kota mengikuti rute penggembalaan kuno menuju padang rumput di selatan selama musim dingin.
Foto: AP
Para penggembala memandu kawanan domba melewati pusat kota mengikuti rute penggembalaan kuno menuju padang rumput di selatan selama musim dingin.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Suara domba yang mengembik menggantikan bunyi bip mobil di jalan-jalan Madrid, Spanyol, pada Ahad (22/10/2023). Para penggembala memandu kawanannya melewati pusat kota mengikuti rute penggembalaan kuno menuju padang rumput di selatan selama musim dingin.

Acara tahunan ini dihidupkan kembali pada 1994 sebagai bagian dari Fiesta de la Trashumancia tahunan di Madrid. Acara tersebut mulai terselenggara setelah parlemen Spanyol mengakui rute tradisional yang digunakan untuk menggembalakan ternak.

Baca Juga

Suatu kali mereka melewati pedesaan yang sepi, tetapi pada akhir pekan ini para penggembala yang sebagian besar mengenakan pakaian tradisional harus melintasi beberapa kawasan tersibuk di kota. Mereka memadati Puerta del Sol, salah satu alun-alun utama Madrid.

“Saya benar-benar tidak menyangka hal ini terjadi di kota, di ibu kota. Ini mengingatkan saya pada desa saya,” kata siswa Ana Sar dari Mallorca.

Penduduk setempat dan turis berbaris di sepanjang jalan berkumpul menikmati kegiatan tersebut. Mereka mengambil foto domba yang mengenakan lonceng di lehernya.

“Sungguh menakjubkan. Begitu banyak orang yang bergabung dan menikmatinya,"  kata Sandra Van Arkelem dari Belanda.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement