Rabu 25 Oct 2023 23:27 WIB

Dubes Baru Inggris Ingin Perkuat Hubungan dengan Indonesia

Dubes Inggris ingin meningkatkan kemitraan dengan Indonesia.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Muhammad Hafil
Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste yang baru Dominic Jermey memperkenalkan diri kepada awak media di Kedutaan Besar Inggris pada Rabu (25/10/2023).
Foto: Republika/Dwina Agustin
Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste yang baru Dominic Jermey memperkenalkan diri kepada awak media di Kedutaan Besar Inggris pada Rabu (25/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - - Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste yang baru Dominic Jermey melihat hubungan kerja sama dengan Indonesia dapat ditingkatkan. Dia melihat ada potensi yang bisa dikembangkan dalam berbagai bidang.

"Dan saya menantikan kolaborasi yang sangat kuat dengan Indonesia," ujar Jermey kepada awak media saat memperkenalkan diri di Kedutaan Besar Inggris pada Rabu (25/10/2023) malam.

Baca Juga

Menurut Jermey, sebagai perwakilan Inggris di Indonesia, dia ingin memperkuat kemitraan dengan Indonesia dalam bidang perdagangan dan investasi, perubahan iklim, serta stabilitas global. Upaya-upaya itu sebelumnya telah dijalankan dari sebelumnya dan dapat diperluas lagi.

Jermey pun menyatakan sudah banyak contoh kerja sama yang sudah dijalankan. Salah satunya dia menyoroti dengan investasi senilai 5.6 juta poundsterling yang berjalan pada periode musim panas lalu.

Selain itu, perdagangan antara kedua negara pun senilai 3.5 miliar poundsterling pada 2022 saja. "Saya ingin meningkatkan angka ini seiring tujuan kami untuk terus mendorong investasi dua arah," ujarnya.

Sedangkan dalam isu perubahan iklim, Jermey pun memberikan perhatian lebih. Dia menilai, dampak dari perubahan iklim sangat terasa bagi kelompok rentan di seluruh dunia.

"COP28 menjadi sebuah peluang penting bagi kita warga Inggris, masyarakat Indonesia, dan komunitas global, meski saya pribadi memang memiliki hasrat pribadi untuk konservasi keanekaragaman hayati," ujar mantan Dubes Inggris untuk Afghanistan itu.

Jermey mengaku,  dia pernah menjadi Direktur Jenderal Zoological Society of London dari 2017 hingga 2022 sehingga membuatnya sangat tertarik isu lingkungan. "Saya sangat bangga dengan apa yang telah dilakukan oleh Indonesia dalam beberapa kasus," ujarnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement