Sabtu 28 Oct 2023 09:05 WIB

Joe Biden Menolak Bertemu Para Tokoh Muslim AS di Saat Israel Terus Membombardir Gaza

Muslim AS meminta pemerintahan Joe Biden mengakhiri dukungannya kepada Israel.

Ilustrasi Muslim di Amerika Serikat (AS).
Foto: Anadolu Agency
Ilustrasi Muslim di Amerika Serikat (AS).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menolak menemui perwakilan komunitas Muslim Amerika Serikat yang secara terbuka mengkritik posisi pemerintah AS dalam perang Israel-Palestina.

Menurut sebuah sumber di Departemen Luar Negeri AS kepada Middle East Eye, Jumat (27/10/2023) beberapa jam sebelum pertemuan antara Biden dan sekelompok Muslim Amerika digelar, beberapa aktivis telah mendesak sekelompok advokat untuk memboikot pertemuan tersebut untuk memperjelas bahwa komunitas Muslim tidak akan menerima alasan pemerintah atas dukungannya yang gigih terhadap apa yang dikatakan para ahli sebagai genosida terhadap warga Palestina.

Baca Juga

“Tidak ada tujuan dari pertemuan ini,” kata sumber yang meminta untuk tidak disebutkan namanya itu kepada Middle East Eye.

​​Pemerintahan Biden juga menolak berbicara dengan siapa pun yang secara terbuka tidak setuju atau mengkritik mereka, kata sumber itu.

Menurut Wall Street Journal, kelompok yang bertemu Biden termasuk Jaksa Agung Minnesota Keith Ellison; Wa’el Alzayat, dari kelompok advokasi politik Muslim Emgage; Imam Mohamed Magid, direktur keagamaan eksekutif All Dulles Area Muslim Society Center di Virginia; Rami Nashashibi, seorang Palestina-Amerika dan direktur Jaringan Aksi Muslim Dalam Kota; dan Suzanne Barakat, seorang profesor kedokteran keluarga di Universitas California.

“Juga, jika Pemerintahan Biden menolak untuk bertemu dengan siapa pun yang tidak setuju dengan mereka secara terbuka atau mengkritik kebijakan mereka, kelima orang ini seharusnya menolak dengan alasan tidak mendukung sensor atau menekan demokrasi,” kata sumber di Departemen Luar Negeri.

Middle East Eye menghubungi lima orang yang hadir pada pertemuan tersebut untuk memberikan komentar, namun selain Rami Nashashibi, tidak menerima balasan hingga berita ini dipublikasikan. Middle East Eye juga menghubungi Gedung Putih untuk memberikan komentar, namun tidak menerima tanggapan.

Nashashibi mengatakan kepada Middle East Eye bahwa ada diskusi dengan sebagian komunitas mengenai apakah akan menghadiri pertemuan dengan Biden atau tidak. Ia mengatakan ia juga memiliki keberatan pribadi, namun akhirnya memutuskan untuk bertemu dengan Biden. Namun dia membantah adanya tuntutan untuk memboikot pertemuan tersebut.

Beberapa sumber yang mengetahui konsultasi antara pejabat pemerintah dengan warga Arab dan Muslim Amerika selama seminggu terakhir mengatakan kepada Middle East Eye bahwa pemerintahan Biden tidak hanya gagal meyakinkan warga Palestina bahwa mereka punya niat untuk menghentikan hilangnya nyawa di Gaza, namun juga gagal. Tampaknya mereka tidak terburu-buru dalam memberikan peta jalan untuk mengakhiri permusuhan.

Respons yang lemah dari pemerintahan Biden dan keterlibatannya yang tidak jelas telah memicu gelombang ketidakpuasan di kalangan warga Amerika keturunan Palestina, serta di antara komunitas Arab dan Muslim yang lebih luas, ketika mereka berjuang untuk menerima kenyataan bahwa dana pajak mereka mendukung kampanye pembunuhan dan pembantaian di Israel. Gaza.

Meskipun kelompok Muslim Amerika bertemu dengan Menteri Luar Negeri Antony Blinken pada hari Selasa dan Presiden Joe Biden pada hari Kamis untuk mendengarkan ketidaknyamanan mereka atas sikap Washington, mereka mengatakan bahwa pemerintah tampaknya fokus pada membangun citra keprihatinan daripada mengambil tindakan.

“Meskipun Blinken tampak berempati terhadap kekhawatiran kami, hal itu tidak berarti apa-apa bagi saya pada saat nyawa tak berdosa benar-benar dipertaruhkan,” kata seorang sumber yang mengetahui pertemuan dengan Blinken pada hari Selasa kepada Middle East Eye.

“Kita perlu tindakan, bukan kata-kata. Kita tidak membutuhkan lebih banyak bantuan saat ini, kita membutuhkan Israel untuk berhenti membunuh dan memblokade warga Palestina, kita perlu mengakhiri keterlibatan AS dalam membiarkan Israel melakukan hal tersebut,” kata sumber itu.

Sejak pemboman Gaza dimulai pada 7 Oktober, serangan udara Israel telah menewaskan lebih dari 7.300 warga Palestina, termasuk hampir 3.000 anak-anak dan sekitar 2.000 wanita, menurut Kementerian Kesehatan Palestina. Jumlah korban tewas dan hilang di Gaza kini telah mencapai jumlah korban genosida Srebrenica.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement