Selasa 31 Oct 2023 15:02 WIB

Suriah Mengalami Eskalasi Militer Paling Intensif dalam Tiga Tahun Terakhir

Lebih dari 65 warga sipil, termasuk lebih dari 20 anak-anak meninggal dalam serangan.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Seorang perawat tewas dan seorang dokter serta pengemudi terluka parah pada Senin (30/10/2023) akibat serangan roket terpandu oleh pasukan rezim Suriah.
Foto: AP
Seorang perawat tewas dan seorang dokter serta pengemudi terluka parah pada Senin (30/10/2023) akibat serangan roket terpandu oleh pasukan rezim Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang perawat tewas dan seorang dokter serta pengemudi terluka parah pada Senin (30/10/2023) akibat serangan roket terpandu oleh pasukan rezim Suriah. Serangan itu menghantam mobil yang membawa tim medis di jalan yang menghubungkan Benish dan Taftanaz di pedesaan Idlib.

Sejak awal Oktober, kota-kota besar dan kecil di barat laut Suriah telah menyaksikan peningkatan militer yang dilakukan oleh pasukan pemerintah Suriah dan Rusia, yang merupakan peningkatan militer paling intens dalam hampir tiga tahun terakhir. 

Lebih dari 65 warga sipil, termasuk lebih dari 20 anak-anak dan 10 perempuan meninggal dunia. Sementara lebih dari 265 warga sipil, termasuk 80 anak-anak dan 45 perempuan, terluka.

Pertahanan Sipil Suriah, juga dikenal sebagai White Helmets pada Sabtu (28/10/2023) mengatakan, serangan udara dan artileri yang dilakukan di wilayah tersebut oleh Rusia dan rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad melibatkan penggunaan senjata pembakar dan cluster yang dilarang secara internasional.

“Tim kami merespons lebih dari 250 serangan di 70 kota besar dan kecil di barat laut Suriah hingga tanggal 28 Oktober,” kata Ahmed Yazji, anggota dewan Pertahanan Sipil Suriah, dilansir Aljazirah, Selasa (31/10/2023).

Yazji mengatakan, serangan tersebut terfokus pada lingkungan pemukiman dan fasilitas umum.  Serangan juga menargetkan empat pusat pertahanan sipil, 13 sekolah, tujuh rumah sakit dan pusat kesehatan, lima kamp pengungsian, dan lima pasar populer.

“Eskalasi yang serius ini mengancam kehidupan warga sipil, menimbulkan ketidakstabilan, dan menciptakan gelombang pengungsian baru, yang semakin memperdalam tragedi yang telah berlangsung selama lebih dari 12 tahun, menghambat proses pendidikan, serta penghidupan dan pemulihan masyarakat dari gempa dahsyat yang melanda wilayah tersebut pada 6 Februari tahun ini,” kata Yazji.

Serangan yang dilakukan pemerintah Suriah dan sekutunya Rusia telah mengakibatkan gelombang baru pengungsian warga di wilayah yang diserang, termasuk Kota Idlib, Ariha, Jisr al-Shughour, Sarmin, dan Darat Izza, serta kota-kota di Jabal Zawiya dan Idlib barat.  Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) memperkirakan, barat laut Suriah adalah rumah bagi 4,5 juta orang, termasuk 1,9 juta orang yang tinggal di kamp pengungsi internal (IDP).

OCHA juga melaporkan bahwa eskalasi yang terjadi baru-baru ini di barat laut Suriah telah membuat lebih dari 12.000 warga sipil mengungsi dari kota dan desa mereka ke pusat penampungan darurat.

“Meskipun sudah 10 hari sejak kami meninggalkan desa, kami masih takut akan penembakan terus-menerus yang kami alami saat terjebak di rumah dan tidak bisa keluar,” kata Fadia Qassum, ibu empat anak berusia 50 tahun dari Desa Mintaaf di Jabal Zawiya, selatan Idlib.

Qassum mengatakan, salah satu tetangganya tewas ketika sebuah roket menghantam rumahnya.  Hal ini mendorong Qassum untuk meninggalkan rumahnya dan pindah ke salah satu gua terdekat, yang dianggap lebih aman daripada rumah.

“Saya tidak akan pernah melupakan malam itu ketika kami tidak bisa tidur, menjaga anak-anak kami yang tertidur, takut akan kalajengking atau ular di dalam gua, sebelum kami dapat meninggalkan desa pada jam 5 pagi untuk pergi ke pusat penampungan di dekat kota Ma'arrat.  Misrin,” kata Qassum.

  “Kami meninggalkan desa kami untuk mencari tempat yang aman, namun saat ini tidak ada lagi tempat aman karena penembakan juga menargetkan kamp pengungsian,” kata Qassum menambahkan.

Pada 24 Oktober 2023, pesawat tempur Rusia menargetkan kamp IDP, Ahl Saraqib di pinggiran Kota al-Hamamah di Idlib barat.  Hal ini mengakibatkan kematian dua bayi dan tiga wanita, serta melukai lima warga sipil lainnya, termasuk dua anak-anak.

“Apakah masih ada lagi kejahatan yang akan dilakukan terhadap kami?  Berapa lama dunia akan diam mengenai kejahatan Assad dan Rusia terhadap kita?," ujar Inad al-Aliwi, pria berusia 37 tahun yang kehilangan ibu dan empat kerabatnya.

Pada 2017 al-Aliwi dipindahkan dari daerah Sahl al-Ghab di Hama utara ke Kota Saraqib di Idlib.  Kemudian pada 2020, ia terpaksa mengungsi lagi ke kamp Ahl Saraqib setelah pasukan pemerintah Suriah menguasai Saraqib.

“Setelah kami meninggalkan Saraqib, keluarga dan kerabat kami yang terdiri dari 40 keluarga memutuskan untuk tinggal di satu kamp untuk menghilangkan rasa keterasingan dari desa kami dan saling mendukung.  Kami tidak tahu bahwa hal ini akan membuat marah penjahat Bashar al-Assad,” kata al-Aliwi.

“Setelah kehilangan lima anggota keluarga kami, kini kami berpisah hari ini tanpa tahu harus pergi ke mana karena tidak ada tempat yang aman untuk mencari perlindungan,” ujar al-Aliwi.

Idlib adalah provinsi terakhir yang dikuasai pejuang oposisi di Suriah, yang diatur berdasarkan perjanjian gencatan senjata pada 5 Maret 2020 antara Turki dan Rusia.  Namun, perjanjian ini terkadang dilanggar oleh pasukan pemerintah Suriah.

“Situasi tragis di Idlib saat ini merupakan cerminan dari konfrontasi regional dan internasional, konflik kepentingan antara aktor eksternal dalam isu Suriah, yang memanfaatkan partai lokal dan arena internal untuk mencapai kepentingan mereka dalam hal-hal yang sebagian besar tidak terkait langsung dengan Suriah.  masalah ini,” kata Wael Alwan, pakar urusan Suriah di Jusoor Center for Studies, sebuah pusat penelitian independen.

  Alwan mengatakan, saat ini tidak ada indikasi bahwa peta wilayah pengaruh dan ketegangan akan berubah melalui operasi militer rezim Assad di wilayah tersebut. Namun, penembakan dari udara dan artileri digunakan untuk menciptakan kekacauan dan gelombang ancaman pengungsi internal. Hal ini sangat dibutuhkan Rusia dan Iran dalam negosiasi dengan aktor-aktor utama dalam konflik Suriah.

“Masalah yang tidak manusiawi ini digunakan dengan sangat buruk di meja perundingan, dan hal ini tidak memerlukan operasi darat yang ekstensif namun dengan dalih yang berbeda, seperti meningkatkan serangan udara dan menciptakan tekanan pada tingkat sosial dan kemanusiaan internal,” kata Alwan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement