Selasa 31 Oct 2023 23:16 WIB

Eks Sekjen NATO: Netanyahu Politisi Terburuk dalam Sejarah Israel   

Eks Sekjen Nato kritik keras kebrutalan zionis Israel

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Eks Sekjen Nato kritik keras kebrutalan zionis Israel
Foto: AP Photo/Abir Sultan
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Eks Sekjen Nato kritik keras kebrutalan zionis Israel

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID — Mantan Sekretaris Jenderal NATO, Javier Solana, menilai Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu sebagai politikus terburuk dalam sejarah Israel. 

Hal tersebut disampaikannya kepada penyiar Spanyol, Cadena Ser, pada Senin (30/10/2023).

Baca Juga

"Saya tidak berpikir sesuatu yang baik akan datang dari ini. Tapi itu bisa membuat Netanyahu menghilang dari politik Israel,” ujar Solana, dilansir dari Middle East Monitor, Selasa (31/10/2023).

Tanpa berbasa-basi, Solana (81) juga menekankan bahwa, terlepas dari dukungan Amerika Serikat untuk Israel, Presiden Joe Biden tidak menyukai Netanyahu sama sekali, sama seperti siapa pun yang telah terlibat dalam perang ini untuk waktu yang lama. 

“Mereka berdua bukan teman, tapi mereka bukan musuh. Biden tidak pernah menerima Netanyahu di Gedung Putih," tambah mantan diplomat itu.

Dia mengatakan Biden telah bekerja keras untuk menekan Netanyahu agar tidak mengulangi kesalahan yang sama yang dilakukan Amerika Serikat di Irak setelah serangan 9/11.

Solana adalah Sekretaris Jenderal NATO dari 1995 hingga 1999, serta Kepala Diplomat Uni Eropa dari 1999 hingga 2009.

Dia lebih lanjut mengatakan,  dirinya menghabiskan "banyak waktu di Gaza" selama kariernya, termasuk bernegosiasi untuk Uni Eropa untuk mengawasi penyeberangan perbatasan Rafah dari Gaza ke Mesir agar tetap terbuka. Program itu dimulai pada 2005 dan berlangsung selama 19 bulan.

photo
Peta Blokade Gaza - (Republika)
photo
Peta Blokade Gaza - (Republika)

Dia juga menyebut Perjanjian Abraham, yang  menormalkan hubungan antara Israel, Uni Emirat Arab dan Bahrain, sebagai kesalahan besar. 

Menurut dia, mereka menumbangkan gagasan sebelumnya untuk memiliki negara-negara yang mengakui Israel melalui negosiasi damai dengan Palestina.

“Saya pikir, ide perdamaian untuk pengakuan atau pengakuan untuk perdamaian adalah ide yang sangat indah,” katanya. 

Baca juga: Daftar Produk-Produk Israel yang Diserukan untuk Diboikot, Cek Listnya Berikut Ini

Mengacu pada konteks sebelum serangan Hamas, Solana juga mengkritik Netanyahu karena melakukan kampanye yang luar biasa untuk mengubah dirinya menjadi seorang otokrat melalui reformasi peradilan.

Mempromosikan memoar barunya, "Saksi waktu yang tidak pasti", Solana juga membagikan refleksinya tentang situasi geopolitik yang lebih luas saat ini.

Momen waktu ini ditandai oleh dua karakteristik utama yaitu pertama, bahwa dunia tidak lagi hanya kekuatan besar. 

Kedua, mayoritas orang di dunia tidak berada di Barat. Di Barat, kami masih percaya bahwa kami memiliki dunia, tetapi jelas, bukan itu masalahnya.

 

 

Sumber: middleeastmonitor  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement