Kamis 02 Nov 2023 07:04 WIB

Para Pejabat AS: Biden Yakin Netanyahu tak Lama Lagi akan Lengser

Topik mengenai singkatnya masa jabatan Netanyahu menjadi pembicaraan di Gedung Putih.

 Presiden AS Joe Biden (kiri) saat bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Tel Aviv, Israel, 18 Oktober 2023.
Foto: EPA-EFE/MIRIAM ALSTER
Presiden AS Joe Biden (kiri) saat bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Tel Aviv, Israel, 18 Oktober 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan para pembantunya telah membahas kemungkinan masa politik Benjamin Netanyahu akan segera berakhir. Presiden Biden telah menyampaikan sentimen tersebut kepada perdana menteri Israel tersebut dalam percakapan baru-baru ini.

Topik mengenai singkatnya masa jabatan Netanyahu telah muncul dalam pertemuan Gedung Putih baru-baru ini yang melibatkan Biden, menurut dua pejabat senior pemerintahan. Hal ini termasuk diskusi yang terjadi sejak kunjungan Biden ke Israel, saat ia bertemu dengan Netanyahu.

Baca Juga

Biden bahkan menyarankan kepada Netanyahu agar ia memikirkan pelajaran yang akan ia bagikan kepada penerusnya, tambah kedua pejabat pemerintah tersebut.

Seorang pejabat AS aktif dan mantan pejabat AS keduanya membenarkan bahwa pemerintah yakin Netanyahu hanya mempunyai sisa masa jabatan yang terbatas.

Pejabat aktif tersebut mengatakan harapan internalnya adalah bahwa perdana menteri Israel kemungkinan akan bertahan dalam hitungan bulan, atau setidaknya sampai tahap awal kampanye militer Israel di Jalur Gaza selesai, meskipun keempat pejabat tersebut mencatat bahwa politik Israel tidak dapat diprediksi.

“Harus ada perhitungan dalam masyarakat Israel tentang apa yang terjadi,” kata pejabat yang tidak mau disebutkan namanya untuk merinci percakapan pribadi tersebut kepada Politico, Rabu (1/11/2023).

“Pada akhirnya, tanggung jawab berhenti di meja perdana menteri.”

Pandangan suram pemerintah AS mengenai masa depan politik Netanyahu muncul ketika presiden dan tim kebijakan luar negerinya mencoba untuk bekerja sama dengan pemimpin Israel ketika perang antara Israel dengan Hamas pecah pada 7 Oktober.

Kunjungan Biden ke Tel Aviv bulan lalu sebagian besar merupakan salah satu bentuk dukungan. Namun secara pribadi dia juga mendesak Netanyahu untuk melanjutkan dengan hati-hati dan tidak memperluas perang, menurut dua pejabat senior pemerintahan tersebut. 

Para pejabat senior itu mengungkapkan, Biden telah menyarankan Netanyahu untuk mempertimbangkan skenario yang akan ia tinggalkan untuk penggantinya.

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan bahwa setiap obrolan mengenai masa depan Netanyahu hanyalah spekulasi kosong dan bersikeras bahwa fokus pemerintah AS adalah mendukung keamanan Israel. Netanyahu adalah perdana menteri Israel yang paling lama menjabat dan berita kematian politiknya telah ditulis sebelum waktunya.

Namun pejabat AS saat ini mengatakan bahwa goyahnya kekuasaan Netanyahu selalu menjadi latar belakang pembicaraan internal pemerintahan Biden mengenai Timur Tengah. Dan para pembantu Biden sudah melibatkan sejumlah politisi Israel lainnya – sebagian berkuasa, sebagian tidak – dalam upaya perang.

Menurut dua pejabat senior pemerintah serta pejabat dan mantan pejabat AS, perundingan tersebut juga memberikan cara untuk mengukur pemikiran berbagai orang Israel yang mungkin akan mengambil alih kepemimpinan negara tersebut.

Juru bicara Departemen Luar Negeri dan Kedutaan Besar Israel di Washington menolak memberikan komentar mengenai kabar tersebut.

Netanyahu bukanlah favorit tim Biden. Dia adalah pendukung kuat mantan Presiden Donald Trump, tokoh Partai Republik yang dikalahkan Biden dalam pemilihan presiden AS tahun 2020 dan mungkin akan menghadapinya lagi pada tahun 2024. Dan dia adalah kritikus tajam terhadap kesepakatan nuklir Iran yang dibuat oleh pemerintahan Obama-Biden.

Sikapnya yang semakin garis keras selama bertahun-tahun telah membuat marah para pembantu Biden yang masih mendukung pembentukan negara Palestina. Selama setahun terakhir, ia memicu penolakan publik dari Biden atas keinginannya untuk merombak sistem peradilan Israel, sebuah upaya yang oleh banyak orang Israel dianggap merusak demokrasi mereka.

Namun Biden dan Netanyahu juga sudah saling kenal selama beberapa dekade dan berhasil tetap bersahabat di depan umum meskipun ada perbedaan pendapat. Dan setelah serangan Hamas, Biden memberikan dukungan penuh publiknya kepada Netanyahu dan Israel.

Namun di balik layar, Biden tidak tanggung-tanggung dalam menilai apa yang ia yakini sebagai kecenderungan Netanyahu yang tidak demokratis, yang antara lain mengalihkan perhatian pemerintahnya dari kesiapan menghadapi serangan Hamas.

“Mereka tahu bahwa mereka harus bekerja sama saat ini, dan tidak ada seorang pun yang tiba-tiba mengetahui dengan siapa mereka berurusan,” kata seseorang yang mengetahui pemikiran pemerintah mengenai Israel.

Dengan pandangan ke depan, para pejabat AS sedang berbicara dengan Benny Gantz, anggota pemerintah persatuan saat ini; Naftali Bennett, mantan perdana menteri; dan Yair Lapid, seorang pemimpin oposisi dan mantan perdana menteri, di antara tokoh-tokoh Israel lainnya, kata mantan pejabat tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement