Senin 06 Nov 2023 12:03 WIB

Israel Ingin Mengebom Gaza dengan Nuklir, AS Kirim Kapal Selam Nuklir ke Timur Tengah

Pengiriman kapal selam nuklir untuk melindungi Israel dari ancaman serangan luar.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nidia Zuraya
Kapal selam nuklir Amerika Serikat (ilustrasi).
Foto: wikipedia
Kapal selam nuklir Amerika Serikat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) telah mengirim kapal selam nuklir kelas Ohio ke Timur Tengah. Sebelumnya, AS sudah mengerahkan dua kapal induknya ke Mediterania sebagai antisipasi meluasnya perang dari Jalur Gaza dan mengancam Israel.

“Pada 5 November 2023, sebuah kapal selam kelas Ohio tiba di wilayah tanggung jawab Komando Pusat AS (CENTCOM),” tulis CENTCOM di akun (X) Twitter resminya, Ahad (5/11/2023).

Baca Juga

CENTCOM tak menjelaskan apa motif dan misi dari pengerahan Ohio ke wilayah tersebut. Pada pertengahan bulan lalu, AS telah memutuskan mengerahkan dua kapal induknya ke perairan Mediterania.

Washington secara terbuka menyatakan bahwa langkah itu diambil untuk melindungi Israel dari ancaman serangan, menyusul memanasnya pertempuran di Jalur Gaza.

“Saya telah mengarahkan Kelompok Serangan Kapal Induk (CSG) USS Dwight D Eisenhower untuk mulai bergerak ke Mediterania Timur sebagai bagian dari upaya kami untuk mencegah tindakan permusuhan terhadap Israel atau upaya apa pun untuk memperluas perang ini setelah serangan Hamas terhadap Israel,” kata Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin pada 14 Oktober 2023 lalu, dikutip laman ABC News.

Sebelum USS Dwight D Eisenhower dikerahkan...

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement