Rabu 08 Nov 2023 03:45 WIB

Boikot Israel Semakin Masif, Turki Hapus Produk Coca Cola dan Nestle dari Daftar Menu

Coca Cola dan Nestle diduga terkait dan mendukung Israel

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Parlemen Turki menghapus produk Coca Cola dan Nestle dari daftar menu di restoran-restorannya
Foto: Republika/Prayogi
Parlemen Turki menghapus produk Coca Cola dan Nestle dari daftar menu di restoran-restorannya

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Parlemen Turki menghapus produk Coca Cola dan Nestle dari daftar menu di restoran-restorannya. Tindakan ini setelah dua perusahaan tersebut diduga mendukung Israel. Kedua perusahaan tersebut tidak segera menanggapi permintaan komentar.

"Diputuskan produk dari perusahaan yang mendukung Israel tidak akan dijual di restoran, kafetaria, dan kedai teh di dalam kampus parlemen," kata parlemen Turki dalam pernyataan, Selasa (7/11/2023).

Baca Juga

Parlemen mengatakan keputusan tersebut diambil oleh ketua parlemen Numan Kurtulmus. Tapi dalam pernyataannya parlemen tidak menyebut dua nama perusahaan itu. Nama perusahaan diketahui dari sumber yang tidak bersedia diidentifikasi.

Sumber di parlemen mengatakan minuman Coca-Cola dan kopi instan Nestle satu-satunya merek yang dihapuskan dari menu. Sumber tersebut mengatakan keputusan tersebut diambil sebagai tanggapan atas permintaan publik.

"Kantor ketua parlemen tidak tinggal diam terhadap protes publik dan memutuskan untuk menghapus produk-produk perusahaan-perusahaan tersebut dari menu kafe dan restoran di parlemen," kata sumber tersebut.

Beberapa hari terakhir, di media sosial para aktivis Turki menyerukan pemboikotan terhadap produk-produk Israel dan perusahaan-perusahaan Barat yang mereka anggap mendukung Israel. Pemerintah Turki mengkritik keras pemboman Israel atas Gaza dan dukungan Barat terhadap Israel.

Israel membombardir Gaza sejak serangan mendadak Hamas yang Israel klaim 1.400 orang. Para pejabat kesehatan Gaza mengatakan serangan Israel menewaskan lebih dari 10.000 warga Palestina, termasuk sekitar 4.100 anak-anak.

Ratusan ribu warga Turki turun ke jalan untuk memprotes operasi Israel ke Gaza selama sebulan terakhir selain protes di media sosial. 

Baca juga : Ini Hubungan Nestle dengan Israel yang Membuatnya Diboikot

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement