Kamis 09 Nov 2023 06:54 WIB

Hamas: Pengeboman Israel yang Semakin Gencar Hambat Pembebasan Sandera

Hamas berencana membebaskan 12 sandera berkewarganegaraan asing.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Pejuang Hamas (ilustrasi).
Foto: EPAEPA-EFE/MOHAMMED SABER
Pejuang Hamas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Hamas mengatakan bahwa mereka hampir membebaskan 12 tawanan asing dari Gaza sebelum Israel menghalangi proses tersebut. Pembebasan sandera terganggu dengan pengeboman Israel yang semakin gencar di Jalur Gaza yang terkepung.

Pengeboman ini terjadi di tengah-tengah laporan tentang upaya-upaya yang dilakukan oleh Qatar dan Amerika Serikat untuk membuat jeda selama tiga hari. Sebagaimana dikatakan Juru bicara Brigade Al-Qassam, Abu Obeida, pada Selasa (7/11/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan bahwa gerakan tersebut "akan membebaskan 12 tahanan di Gaza yang berkewarganegaraan asing" beberapa hari yang lalu "tetapi penjajah menghalangi hal itu". "Kami masih siap untuk membebaskan mereka, tetapi situasi di lapangan dan agresi Zionis yang mengancam nyawa mereka yang menghalangi hal ini," tambah pernyataan itu.

Brigade Al-Qassam, sayap bersenjata Hamas, diyakini memiliki 242 tawanan yang ditangkap selama operasi 7 Oktober, yang dikenal sebagai "Operasi Banjir Al Aqsa". Pada saat itu, kelompok perlawanan Palestina berhasil menyusup ke wilayah-wilayah yang diduduki Israel melalui udara, darat, dan laut setelah menghadapi pengepungan selama 16 tahun di Gaza.

Setelah operasi bersejarah tersebut, Israel mendeklarasikan perang paling mematikan hingga saat ini di Gaza dan bersumpah untuk mengurangi daerah kantong yang padat penduduknya menjadi puing-puing dalam upayanya untuk menghapus Hamas "dari muka bumi".

Namun, satu bulan setelahnya, pasukan pendudukan Israel (IOF) telah menewaskan sedikitnya 10.328 warga Palestina, termasuk 4.237 anak-anak - 40 persen dari jumlah keseluruhan korban. Pada hari Sabtu, Abu Obeida mengkonfirmasi bahwa Israel juga telah membunuh 60 tawanan Israel di Gaza selama pemboman selama sebulan.

"Masih ada 23 mayat (tawanan) yang hilang di bawah reruntuhan," kata Abu Obeida pada saat itu. "Tampaknya kita tidak akan bisa menjangkau mereka karena agresi brutal yang sedang berlangsung oleh penjajah di Gaza."

Sekutu-sekutu Barat Israel, termasuk Amerika Serikat, menghubungi Qatar pada jam-jam pertama operasi tersebut dalam upaya untuk mengamankan pembebasan para tawanan. Doha, yang menjadi tuan rumah bagi biro politik Hamas, berhasil mencapai terobosan bulan lalu dengan pembebasan empat tawanan dengan "alasan kemanusiaan", meskipun hanya sedikit kemajuan yang dicapai sejak saat itu.

Para pejabat Qatar menyalahkan kebuntuan ini pada pemboman tanpa henti yang dilakukan Israel terhadap Gaza dan mengatakan bahwa periode tenang diperlukan untuk memfasilitasi negosiasi.

"Dengan kekerasan yang meningkat setiap hari, dengan pengeboman yang terus berlanjut setiap hari, tugas kami menjadi semakin sulit. Namun terlepas dari itu, kami tetap berharap, kami tetap berkomitmen pada peran kami untuk menjangkau para pihak dengan tujuan mencapai hasil yang positif," ujar Menteri Negara Urusan Luar Negeri Qatar, Dr Mohammed Al Khulaifi, kepada Sky News pada tanggal 26 Oktober.

"Dalam skenario normal apa pun, jika mediator ingin melakukan tugasnya dengan cara terbaik, kita perlu mencapai periode tenang, kita perlu mencapai periode di mana kita dapat berbicara secara logis kepada kedua belah pihak dan menghasilkan inisiatif positif untuk itu," katanya menambahkan.

Meskipun demikian, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah menolak semua upaya untuk mencapai gencatan senjata permanen di Gaza dan telah menolak seruan Washington untuk "jeda kemanusiaan" untuk membebaskan para tawanan.

Pada hari Sabtu, Presiden AS Joe Biden menyatakan bahwa telah ada kemajuan dalam mengamankan "jeda kemanusiaan" di Gaza, AFP melaporkan.

Biden, yang telah banyak dikritik karena dukungan tanpa syarat Washington kepada Israel yang melancarkan perang paling brutal di Gaza hingga saat ini, menjawab pertanyaan tentang masalah ini saat ia meninggalkan sebuah gereja di Delaware.

Presiden AS mengatakan "ya" dan mengacungkan jempol tanpa memberikan rincian lebih lanjut, demikian menurut AFP.

Pada hari Senin, Gedung Putih mengatakan bahwa Biden dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu membahas "kemungkinan jeda taktis untuk memberikan kesempatan kepada warga sipil agar dapat keluar dengan aman dari daerah-daerah pertempuran yang sedang berlangsung, untuk memastikan bahwa bantuan sampai ke tangan warga sipil yang membutuhkan, dan memungkinkan pembebasan sandera."

Laporan tersebut mengatakan bahwa ini adalah bagian dari proposal yang sedang dibahas antara Qatar, AS dan Israel yang akan memungkinkan Hamas membebaskan 10-15 tawanan selama jeda taktis selama tiga hari. Meskipun bekerja sama dengan Qatar untuk meredakan ketegangan, AS terus mendukung Israel.

Pekan lalu, DPR AS meloloskan RUU dari Partai Republik untuk memberikan bantuan sebesar 14 miliar dolar AS kepada Israel untuk meningkatkan kemampuan militer Israel. Bantuan tersebut termasuk 4 miliar dolar AS untuk meningkatkan Iron Dome Israel, sistem pertahanan rudal David's Sling serta peralatan militer yang ditransfer dari persediaan AS, Aljazirah melaporkan.

Negara penjajah ini telah mendapatkan bantuan militer sebesar 3,8 miliar dolar AS per tahun dan telah menerima bantuan dari AS senilai lebih dari 124 miliar dolar AS, sejak pendiriannya setelah Perang Dunia Kedua.

Sementara itu, militer Israel telah bergerak maju secara militer ke Gaza selama berminggu-minggu sebagai bagian dari upayanya untuk meluncurkan invasi darat berskala penuh. Para pejuang Hamas telah melawan upaya tersebut dan telah menghancurkan sejumlah tank Israel.

Pada hari Selasa, Brigade Al-Qassam mengkonfirmasi bahwa mereka telah menghancurkan sebuah tank Israel di barat laut Beit Lahia setelah menyerang dua tank lainnya di barat daya Kota Gaza. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement