Jumat 10 Nov 2023 07:45 WIB

Nasib Warga Paspor Ganda yang Terjebak di Perbatasan Rafah

Penyeberangan Rafah adalah satu-satunya pintu keluar

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Penyeberangan Rafah adalah satu-satunya pintu keluar bagi warga Palestina dan warga negara asing.
Foto: AP Photo/Hatem Ali
Penyeberangan Rafah adalah satu-satunya pintu keluar bagi warga Palestina dan warga negara asing.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Pada  Oktober, Reem Rasmi melakukan perjalanan dari rumahnya di Mesir ke Jalur Gaza untuk mengunjungi keluarga saudara perempuannya setelah lima tahun.  Keponakannya akan menikah, dan inilah waktu yang tepat untuk merayakannya.

Sebulan kemudian, perempuan berusia 55 tahun itu terjebak di daerah kantong yang terkepung, menjadi pengungsi akibat perang yang pecah pada  7 Oktober 2023. Perang telah menghalanginya untuk pulang ke rumah, bertemu kembali dengan suami dan anak-anaknya di Mesir. 

Baca Juga

Rasmi, yang merupakan seorang warga negara Mesir mengalami dilema. Jika dia berhasil menyeberang di perbatasan Rafah, dia harus meninggalkan keluarga saudara perempuannya, di tengah pengeboman Israel yang tiada henti.

“Saya seharusnya berangkat pada 10 Oktober, dan saya masih menunggu. Saya belum pernah mengalami perang seperti ini sebelumnya, dengan ledakan dimana-mana.  Saya bahkan tidak bisa menggambarkan tingkat teror yang kami alami," ujar Rasmi, dilansir Aljazirah, Kamis (9/11/2023).

Rasmi dan keluarga saudara perempuannya terpaksa mengungsi dari lingkungan al-Zaytoun di sebelah timur Kota Gaza ke rumah kerabat lainnya di Kota Khan Younis. Rasmi mengatakan, suami dan anak-anaknya terus-menerus bertanya apakah dia bisa menyeberangi perbatasan Rafah. Namun dia tidak memiliki jawaban.

“Anak-anak saya diliputi ketakutan dan kecemasan, dan saya tidak bisa meyakinkan mereka dan mengatakan kepada mereka bahwa saya baik-baik saja karena mereka menonton berita di televisi. Gambar-gambar tersebut menunjukkan kengerian dan pengungsian orang-orang dalam perang ini.  Kadang-kadang bahkan saya tidak dapat memahami apa yang sedang terjadi," kata Rasmi.

Penyeberangan Rafah adalah satu-satunya pintu keluar bagi warga Palestina dan warga negara asing.  Gaza telah berulang kali dibom oleh Israel dan perbatasan sepenuhnya tertutup bagi mereka yang ingin memasuki Gaza dari wilayah Mesir.

Mesir akan membantu mengamankan evakuasi sekitar 7.000 orang asing dan warga negara ganda dari Jalur Gaza.  Pada 1 November, pintu keluar perbatasan akhirnya dibuka setelah beberapa minggu, namun hanya untuk evakuasi warga asing dan warga negara ganda, serta pemindahan puluhan warga Palestina yang terluka secara terkoordinasi.

Daftar harian menyebutkan nama orang-orang dari Gaza yang diizinkan pergi.  Daftar ini diperiksa oleh Israel.  Ratusan orang yang memadati penyeberangan selama sepekan terakhir dilarang keluar.  Diantaranya adalah Rasmi.

“Saya menjalani hari-hari tersulit dalam hidup saya di bawah pengeboman. Keberuntungan tidak berpihak pada saya," kata Rasmi.

Diperkirakan 50.000 warga berkewarganegaraan ganda yang tinggal di Jalur Gaza memiliki kewarganegaraan Palestina dan Mesir. Anggota pusat kebudayaan komunitas Mesir di Gaza, Alaa al-Din Obeid mengatakan, ada 8.000 perempuan Mesir yang menikah dengan warga Palestina.

"Para perempuan ini dapat mewariskan kewarganegaraan mereka langsung kepada anak-anak mereka, namun tidak kepada suami mereka,” kata Obeid, yang berbicara dari Rafah.

Warga Palestina yang memiliki nenek asal Mesir juga bisa mendapatkan kewarganegaraan Mesir melalui perintah pengadilan. Obeid mengatakan, sebelum perang, pusat kebudayaan komunitas Mesir sedang dalam proses mengumpulkan informasi untuk sensus terkini.

“Inilah mengapa sulit untuk mengetahui secara pasti berapa banyak warga Mesir berkewarganegaraan Palestina yang berhasil meninggalkan Rafah,” kata Obeid.

Obeid mengatakan, jumlahnya diperkirakan mencapai 300 orang. Di jalur penyeberangan Rafah di sisi Palestina, sejumlah warga Palestina di Mesir mempertanyakan apakah pihak berwenang Mesir telah berupaya untuk membantu mereka keluar dari sana. Seorang warga Mesir-Palestina, Khalida Hassan, mengatakan dia dan keempat anaknya telah menunggu di penyeberangan sejak dibuka lebih dari seminggu lalu.

“Kami melihat kematian dengan mata kepala kami sendiri. Setiap hari kami menyerahkan paspor kami dan tas kami diambil dan kami menunggu untuk menyeberang ke wilayah Mesir, namun mereka tetap menutup perbatasan dan mengembalikan tas serta dokumen kami. Kita semua memegang paspor asing sehingga tidak ada perbedaan antara memiliki paspor Mesir atau Amerika,” ujar Hassan.

Hassan mengatakan, rumahnya dibom dan dia terpaksa mengungsi ke selatan dengan pasokan air dan makanan yang sangat minim. Dia merasa putus asa karena tak kunjung bisa menyeberang ke Mesir.

“Kapan saya akan meninggalkan Gaza?  Apakah mereka menungguku dan anak-anakku mati di sini?  Kita semua berhak meninggalkan persimpangan,” kata Hassan.

Emosi yang campur aduk....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement