Jumat 10 Nov 2023 12:43 WIB
Sebulan Genosida Gaza

Apakah Netanyahu Dapat Diadili Sebagai Penjahat Perang?

Tidak mudah untuk menangkap dan mengadili Netanyahu di ICC

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu penjahat perang
Foto: AP Photo/Abir Sultan
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu penjahat perang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam reaksi pertama sejak meningkatnya perang di Gaza, kantor kejaksaan mengingatkan bahwa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) telah melakukan penyelidikan terhadap situasi di negara Palestina atas dugaan kejahatan perang yang dilakukan sejak 13 Juni 2014. Mandat jaksa ICC berlaku untuk konflik saat ini antara Israel dan Palestina.

“Mandat ini terus berjalan dan berlaku untuk kejahatan yang dilakukan dalam konteks saat ini,” kata jaksa penuntut, seraya menambahkan bahwa mereka terus mengumpulkan informasi untuk mendukung penyelidikan tersebut.

Baca Juga

Pemerintah Palestina bergabung dengan ICC pada 2015. Statuta pendirian ICC memberikan yurisdiksi atas kejahatan yang dilakukan di wilayah 123 negara anggotanya atau oleh warga negara mereka di wilayah lain.

Perang antara Israel dan pejuang Palestina yang meletus pada 7 Oktober 2023 telah menyebabkan banyak korban jiwa warga sipil dan tuduhan kejahatan perang. Konflik Palestina-Israel berada di bawah sistem peradilan internasional yang kompleks. Bahkan jika negara-negara mengatakan bahwa mereka bertindak untuk membela diri, peraturan internasional mengenai konflik bersenjata berlaku untuk semua pihak yang terlibat dalam perang. 

Aturan konflik bersenjata yang diterima secara internasional muncul dari Konvensi Jenewa tahun 1949, yang telah diratifikasi oleh semua negara anggota PBB dan dilengkapi dengan keputusan pengadilan kejahatan perang internasional. Serangkaian perjanjian mengatur perlakuan terhadap warga sipil, tentara, dan tawanan perang dalam sistem yang secara kolektif dikenal sebagai "Hukum Konflik Bersenjata" atau "Hukum Humaniter Internasional". Hal ini berlaku bagi pasukan pemerintah dan kelompok bersenjata non-negara yang terorganisasi, termasuk pejuang Hamas.

Human Rights Watch yang bermarkas di New York menyebut kemungkinan kejahatan perang adalah penargetan yang disengaja terhadap warga sipil, serangan roket tanpa pandang bulu, dan penyanderaan warga sipil oleh kelompok bersenjata Palestina, serta serangan balasan Israel di Gaza yang telah menyebabkan ribuan warga Palestina meninggal dunia.

Penyanderaan, pembunuhan dan penyiksaan secara eksplisit dilarang berdasarkan Konvensi Jenewa. Sementara pengeboman Israel di Jalur Gaza dapat dikenakan penyelidikan kejahatan perang.

Ada sebuah aturan yang dapat menjadi indikator objektif dalam masa perang yaitu Konvensi Jenewa. Tujuan utama konvensi ini adalah untuk melindungi warga sipil di masa perang. Berdasarkan hukum konflik bersenjata, kombatan mencakup anggota angkatan bersenjata negara, pasukan militer dan sukarelawan, serta kelompok bersenjata non-negara dilarang keras menargetkan warga sipil atau objek sipil secara langsung. Selain itu, menyerang personel dan material yang terlibat dalam bantuan kemanusiaan dengan sengaja merupakan kejahatan perang, selama yang memberikan bantuan kemanusiaan adalah warga sipil.

Pengepungan dapat dianggap sebagai kejahatan perang jika menargetkan warga sipil dan bukan merupakan cara yang sah untuk melemahkan kemampuan militer, atau jika dianggap tidak proporsional. Jaksa Pengadilan Kriminal Internasional, Karim Khan, telah memperingatkan tentara Israel, mereka harus menunjukkan bukti bahwa, setiap serangan mereka tidak berdampak pada warga sipil tak berdosa atau objek yang dilindungi, seperti rumah sakit, gereja, sekolah, atau masjid harus dilakukan sesuai dengan hukum konflik bersenjata. Berdasarkan konvensi ini, ada beberapa contoh di mana objek sipil dapat menjadi sasaran militer yang sah jika objek tersebut digunakan untuk berkontribusi secara efektif pada aksi militer. 

“Beban untuk membuktikan bahwa status perlindungan telah hilang, ada pada mereka yang menembakkan senjata, rudal, atau roket tersebut,” kata Khan.

Israel mengatakan pejuang Hamas menggunakan lingkungan pemukiman sebagai perlindungan dan bangunan sipil untuk menyembunyikan pos komando dan senjata. Sekalipun seorang kombatan menyerang sasaran militer yang sah, serangan apa pun harus proporsional. Dengan demikian, serangan tersebut tidak boleh menyebabkan hilangnya banyak nyawa warga sipil atau kerusakan pada objek sipil.

Konvensi Jenewa dan keputusan pengadilan internasional menunjukkan bahwa proporsionalitas bukanlah permainan angka di mana jumlah korban sipil di satu pihak dapat dibandingkan dengan pihak lain, melainkan korban tersebut harus proporsional dengan keuntungan militer langsung dan nyata yang diharapkan dari pihak yang menyerang tersebut. 

Lembaga pertama mengadili dugaan kejahatan perang adalah yurisdiksi lokal, dalam hal ini pengadilan di Israel dan wilayah Palestina. Jika warga Palestina melakukan kejahatan di wilayah pendudukan Palestina dan tidak diadili di dalam negeri, Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) di Den Haag adalah satu-satunya badan hukum internasional yang dapat mengajukan tuntutan. Statuta Roma yang merupakan pendiri ICC memberikan kewenangan hukum untuk menyelidiki dugaan kejahatan di wilayah negara-negara anggotanya atau yang dilakukan oleh warga negara mereka, ketika otoritas dalam negeri “tidak mau atau tidak mampu” melakukan hal tersebut.

Tidak mudah untuk menangkap dan mengadili Netanyahu di ICC.... 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement