Ahad 12 Nov 2023 22:42 WIB

Tiga WNI Masih Bertahan di Gaza

Menlu Retno memastikan terus melakukan komunikasi dengan ketiga WNI tersebut.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dalam perjalanan ke Amerika Serikat bersama Presiden RI, Joko Widodo
Foto: Dok Kemlu
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dalam perjalanan ke Amerika Serikat bersama Presiden RI, Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan hingga saat ini sebanyak tiga warga negara Indonesia (WNI) masih berada di Gaza.

Ketiga WNI tersebut adalah relawan di Rumah Sakit Indonesia, yakni Fikri Rofiul Haq, Reza Aldilla Kurniawan, dan Farid Zanzabil Al Ayubi. Mereka memutuskan tetap melanjutkan kerja kemanusiaan mereka, meskipun tujuh WNI lainnya telah berhasil dievakuasi dari Gaza.

Baca Juga

“Sampai saat ini, beliau bertiga memutuskan tetap tinggal di Gaza,” kata Retno melalui video pernyataan yang ia kirimkan dari dalam pesawat kepresidenan, ketika mendampingi Presiden Joko Widodo untuk kunjungan kerja ke Washington DC, AS, Ahad (12/11/2023).

BACA JUGA: Doa Qunut Nazilah untuk Warga Palestina yang Berada dalam Peperangan

Dia memastikan Kementerian Luar Negeri terus melakukan komunikasi dengan ketiga WNI tersebut, serta dengan perwakilan MER-C di Jakarta untuk memastikan kondisi mereka dalam keadaan baik.

Sebelumnya pada 3 November, Menlu Retno mengumumkan keberhasilan empat WNI dari Gaza. Keluarga Abdillah Onim, ketiga anaknya yang juga WNI, serta istrinya yang berkewarganegaraan Palestina keluar dari Gaza melalui pintu Rafah yang berbatasan darat dengan Mesir.

Sementara ketiga WNI lainnya, yaitu Muhammad Husein, kedua anaknya, serta istrinya yang adalah warga Palestina, juga telah dievakuasi dari Gaza melalui perbatasan Rafah. Setelah berhasil keluar dari Gaza pada Ahad waktu setempat, Husein dan keluarganya dibawa ke Kairo untuk selanjutnya dipulangkan ke Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement