Senin 13 Nov 2023 23:37 WIB

Listrik Padam di Gaza, Puluhan Pasien Termasuk 6 Bayi di RS Al-Shifa Meninggal

Rumah sakit yang ada di Jalur Gaza berhenti beroperasi.

Pasien di RS Al-Shifa Jalur Gaza (ilustrasi). Rumah sakit yang ada di Jalur Gaza berhenti beroperasi
Foto: EPA-EFE/MOHAMMED SABER
Pasien di RS Al-Shifa Jalur Gaza (ilustrasi). Rumah sakit yang ada di Jalur Gaza berhenti beroperasi

REPUBLIKA.CO.ID,  ISTANBUL— Sebanyak 20 pasien, termasuk di antaranya enam bayi prematur, meninggal dunia di Rumah Sakit Al-Shifa di Kota Gaza akibat pemadaman listrik selama pertempuran yang terus berlangsung antara Israel dan kelompok Hamas Palestina. 

"Enam bayi prematur dan sembilan orang terluka yang dirawat di unit perawatan intensif (ICU) rumah sakit meninggal dunia hari ini karena pemadaman listrik," kata Direktur RS Al-Shifa Mohamed Abu Slima kepada Anadolu, Senin. 

Baca Juga

Dia mengatakan bahwa pada Ahad (12/11/2023), tujuh pasien dalam perawatan intensif telah kehilangan nyawa mereka di fasilitas medis terbesar di Gaza itu. 

“Mereka semua meninggal karena Israel menolak untuk mengizinkan pengiriman bahan bakar minyak untuk rumah sakit. Sekarang, masih ada 33 bayi prematur di rumah sakit," ujar Abu Slima. 

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, pada Ahad  mengeklaim bahwa pemerintahnya telah menawarkan BBM ke rumah sakit tersebut tetapi pengirimannya dihalangi Hamas. 

Israel melancarkan serangan udara dan darat tanpa henti di Jalur Gaza menyusul serangan lintas batas yang dilakukan pejuang Hamas pada 7 Oktober 2023.

Serangan tersebut telah menewaskan lebih dari 11.100 warga Palestina dan meninggalkan jejak kehancuran besar-besaran di seluruh wilayah yang diblokade, menurut pihak berwenang Palestina di daerah kantong tersebut. Israel memperkirakan jumlah korban jiwa di pihaknya hampir 1.200 orang. 

Total 22 rumah sakit di Jalur Gaza telah berhenti beroperasi akibat "agresi" Israel, kata kantor media pemerintah di daerah kantong Palestina yang terkepung itu pada Ahad (12/11/2023).

Baca juga: Mengapa Malaikat Jibril Disebut Ruh Kudus dalam Alquran?

"Akibat serangan yang sengaja menargetkan rumah sakit, khususnya karena ancaman terhadap tenaga medis, total 22 rumah sakit dan 49 pusat kesehatan terpaksa berhenti beroperasi akibat agresi Israel. Selain itu, (pasukan) pendudukan juga menyasar 53 kendaraan ambulans," kata kantor itu.

Mereka mengatakan jumlah warga Palestina yang gugur sudah mencapai 11.180, termasuk 4.609 anak-anak dan 3.100 perempuan. Sementara, jumlah korban luka-luka mencapai 28.200, dengan 70 persen di antaranya anak-anak dan perempuan.

Sekitar 70 masjid hancur total, 153 lainnya rusak sebagian, dan tiga gereja menjadi sasaran serangan Israel, kata kantor media pemerintah. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement