Selasa 14 Nov 2023 16:55 WIB

Stan Produsen Senjata Asal Israel Kosong di Pameran Dirgantara UEA

Israel terus lakukan serangan intensif di Jalur Gaza

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Pameran senjata UEA.   Stan untuk produsen senjata Israel Aerospace Industries dan Rafael Advanced Defense dibiarkan kosong di Dubai Airshow.
Foto: New Arab
Pameran senjata UEA. Stan untuk produsen senjata Israel Aerospace Industries dan Rafael Advanced Defense dibiarkan kosong di Dubai Airshow.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI — Stan untuk produsen senjata Israel Aerospace Industries dan Rafael Advanced Defense dibiarkan kosong di Dubai Airshow, meskipun Uni Emirat Arab (UEA) berjanji untuk mempertahankan hubungan dengan Tel Aviv yang terus menghantam Gaza. 

Stan untuk produsen senjata Israel, Aerospace Industries (IAI) dan Rafael Advanced Defense Systems kosong di awal pembukaan Dubai Airshow pada Senin (13/11/2023). Acara pameran akan berlangsung selama sepekan di tengah serangan brutal Israel di Gaza.

Baca Juga

Tidak segera jelas mengapa tidak ada staf di salah satu stan pameran, yang terletak dekat dengan paviliun pembuat senjata negara bagian Uni Emirat Arab EDGE. IAI dan EDGE menandatangani program pengembangan bersama di Dubai Airshow terakhir pada 2021.

Dilansir dari New Arab, Selasa (14/11/2023), IAI dan Rafael tidak segera menanggapi permintaan email untuk mengomentari partisipasi mereka. Stan pameran IAI diblokir dengan tali merah.

Stan pameran untuk perusahaan Israel yang terdaftar secara lokal dari Elbit Systems teregistrasi, meskipun satu anggota staf menolak untuk menjawab pertanyaan pers tentang partisipasi mereka.

Negara-negara Arab dan Muslim selama akhir pekan menyerukan penghentian penjualan senjata ke Israel, karena meningkatnya jumlah korban tewas akibat invasi Israel ke Gaza yang diluncurkan pada 7 Oktober, telah memicu kemarahan di ibu kota Arab.

Setidaknya 11.240 orang Palestina telah terbunuh oleh serangan militer Israel sejauh ini, dengan lebih dari 2.000 orang dikhawatirkan terjebak di bawah puing-puing.

Israel juga telah menempatkan Gaza di bawah pengepungan total, merampas 2,3 juta penduduknya dari bahan bakar, air, dan makanan karena rumah sakit berhenti berfungsi.

Lebih dari 1 juta orang dikatakan mengungsi saat tentara Israel bergerak ke selatan melalui Gaza.

Elbit Systems mendirikan perusahaan yang terdaftar di UEA pada 2021, dengan tujuan negara untuk membangun kerja sama jangka panjang dengan militer Emirat. 

Perusahaan induk Israel dalam beberapa pekan terakhir secara terbuka menyatakan dukungannya untuk Israel dan militernya.

Seorang pria yang mengenakan pakaian tradisional Emirat, menawarkan kopi tradisional Arab kepada mereka yang mengunjungi stan Elbit Systems, juga di dekat EDGE UEA. 

Perusahaan Israel hanya secara terbuka berpartisipasi dalam pameran dan konferensi UEA sejak 2020, ketika kekuatan Teluk Arab dan Israel secara kontroversial menjalin hubungan diplomatik di bawah Perjanjian Abraham yang ditengahi Amerika Serikat.

Kesepakatan itu dikecam orang-orang Palestina, yang mengatakan langkah itu menghadiahi Israel karena terus menduduki, mengebom, dan mengepung Tepi Barat dan Gaza.

Sementara itu, Abu Dhabi dilaporkan mengatakan, bahwa mereka bermaksud untuk mempertahankan hubungan diplomatik dengan Israel meskipun ada protes internasional atas meningkatnya jumlah korban perang di Gaza, sumber yang akrab dengan kebijakan pemerintah UEA. 

photo
Sebulan Genosida di Gaza - (Republika)

 

Sumber: newarab   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement