Ahad 19 Nov 2023 14:43 WIB

BBC Bongkar Kebohongan Israel tentang Komando Hamas di RS Al Shifa

BBC mengatakan IDF membantah mereka memanipulasi media.

Rep: Lintar Satria/ Red: Ani Nursalikah
Seorang gadis Palestina yang terluka menerima perawatan di rumah sakit al-Shifa, menyusul serangan udara Israel di Kota Gaza, Jalur Gaza tengah, Ahad, 5 November 2023.
Foto:

Kebohongan Tentara IDF

Tentara itu kemudian bergerak ke samping mesin sambil meminta cahaya dari lampu senter. Ia membuka sebuah tas yang katanya merupakan peralatan militer.

BBC melaporkan mereka diperlihatkan ruangan yang sama, tapi lembaga media Inggris itu tidak menemukan benda-benda yang persis sama. "Misalnya ada satu senjata di video IDF, dua senjata saat BBC melakukan rekaman," kata BBC.

BBC melaporkan Israel mengatakan hal ini karena semakin banyak persenjataan dan aset teroris yang ditemukan di sepanjang hari itu. BBC menambahkan Israel juga mengatakan mereka tidak menyunting atau mengedit video tersebut.

"Namun tampaknya ini adalah hasil editan, kami tidak tahu alasan pengeditan itu atau seberapa signifikannya," kata BBC.

BBC mengatakan IDF membantah mereka memanipulasi media. BBC mengatakan dalam video tersebut IDF juga menunjukkan peralatan militer di lokasi-lokasi lain, tapi BBC tidak bisa memverifikasi bagaimana peralatan itu bisa ada di sana.

"Dan apa yang kami lihat di video ini. Video IDF tidak sama dengan deskripsi Israel tentang al-Shifa sebagai pusat komando operasional Hamas, AS menggunakan frasa yang berbeda dengan mengatakan al-Shifa digunakan sebagai simpul komando dan kontrol yang menyiratkan fasilitas yang jauh lebih kecil. Israel bersikukuh rumah sakit ini adalah pusat komando, namun untuk saat ini, paling tidak, tidak ditemukan bukti yang mendukung atau mereka tidak membaginya," kata BBC.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement