Rabu 22 Nov 2023 20:21 WIB

Erdogan: Jangan Ragu untuk Sebut Israel Negara Teroris

Erdogan meminta negara-negara lain tidak ragu melabeli Israel sebagai negara teroris

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Presid3n Turki, Recep Tayyip Erdogan meminta negara-negara lain tidak ragu melabeli Israel sebagai “negara teroris”.
Foto: AP Photo/Emrah Gurel
Presid3n Turki, Recep Tayyip Erdogan meminta negara-negara lain tidak ragu melabeli Israel sebagai “negara teroris”.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kembali melayangkan pernyataan tajam terhadap Israel. Dia meminta negara-negara lain tidak ragu melabeli Israel sebagai “negara teroris”.

“Kita perlu mengetahui hal ini untuk selamanya. Israel adalah negara teroris. Tidak perlu ragu untuk mengatakan hal ini. Inilah kebenaran yang kita ketahui. Inilah yang terjadi,” ujar Erdogan, Rabu (22/11/2023), dikutip laman Al Arabiya.

Baca Juga

Erdogan kemudian menyinggung tentang masih berlanjutnya agresi Israel ke Jalur Gaza. “Serangan-serangan tersebut, yang menewaskan lebih dari 13 ribu saudara kita di Palestina, sekali lagi mengungkapkan wajah, maksud dan tujuan sebenarnya dari Israel dan para pendukungnya. Dalam hal ini, sangat penting agar kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan oleh penguasa Israel tidak dibiarkan tanpa sanksi,” ucapnya.

“Kami tidak bisa dan tidak akan mentoleransi kebijakan negara Israel, yang terus-menerus melakukan pendudukan, perampasan tanah, dan pembantaian kaum tertindas, untuk membuat Gaza tidak berpenghuni,” tambah Erdogan. 

Erdogan kemudian menghujat Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. “Netanyahu sudah hampir mati. Bahkan rakyat Israel tidak lagi mendukung Netanyahu,” ujarnya.

Erdogan mengatakan, atas kejahatannya terhadap penduduk Palestina, Netanyahu harus dibawa ke Mahkamah Pidana Internasional (ICC). Pekan lalu, Netanyahu telah mengecam Erdogan karena menyebut Israel sebagai negara teror. 

“Dia (Erdogan) menyebut Israel sebagai negara teror, namun dalam tindakannya dia mendukung negara teror Hamas. Dia sendiri yang menembaki desa-desa Turki di perbatasan Turki. Kami tidak akan menerima ajarannya,” kata Netanyahu.

Turki telah menarik duta besarnya dari Israel sebagai bentuk protes atas kebrutalan agresi ke Gaza. Namun awal bulan ini Israel menyampaikan bahwa penarikan duta besar itu tak mempengaruhi hubungan antara Tel Aviv dan Ankara. 

“Hubungan diplomatik dengan Turki tetap tidak berubah meskipun Ankara mengambil sikap mengenai perang di Gaza dan fakta bahwa duta besar Turki dipanggil kembali pada akhir pekan,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Israel Lior Hayat kepada surat kabar Yedioth Ahronoth, 5 November 2023 lalu. 

Dia pun mengisyaratkan bahwa Israel tetap menginginkan hubungan diplomatik dengan Turki tetap terjalin. “Kita harus memikirkan kembali bagaimana kita mencegah krisis seperti ini,” ujar Hayat. 

Turki dan Israel memulihkan hubungan diplomatik pada Agustus 2022....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement