Kamis 23 Nov 2023 04:30 WIB

Perdana Menteri Swedia Dicemooh karena Keceplosan Dukung Genosida Israel di Gaza

Sejumlah audiens yang hadir menertawakan kesalahan PM Swedia

 Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson.
Foto: Pontus Lundahl/TT News Agency via AP
Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson.

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Perdana Menteri Swedia, Ulf Kristersson, mendapat cemoohan setelah ia mengatakan Israel berhak melakukan genosida dalam pidatonya. Kristersson berbicara kepada audiens di Gothenburg pada hari Selasa (21/11/2023) ketika ia membahas mengenai sikap Swedia terhadap perang di Gaza.

Dalam video yang beredar luas di TikTok terlihat Kristersson mengatakan Israel berhak melakukan genosida sebelum mengoreksi dirinya dengan mengatakan hak untuk membela diri. “Swedia dan Uni Eropa bersatu dalam hal bahwa Israel mempunyai hak untuk melakukan geno...pertahanan diri,” katanya.

Baca Juga

Dalam video tersebut tampak sejumlah audiens yang hadir menertawakan kesalahan Kristersson. Sementara penonton yang lain mulai berseru, "Apakah Israel berhak melakukan genosida?".

 

Sebelumnya sebanyak 24 duta besar dan kepala perwakilan negara anggota OKI yang berkedudukan di Stockholm bertemu dengan Menteri Luar Negeri Swedia, Tobias Billström. Mereka datang untuk menyampaikan dukungan penuh terhadap Palestina serta kecaman atas tindakan agresi militer oleh Israel baik di Jalur Gaza maupun Tepi Barat.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Kementerian Luar Negeri Swedia pada 9 November lalu, seluruh Duta Besar OKI yang hadir itu sampaikan tindakan Israel merupakan pelanggaran norma, nilai dan hukum HAM dan humaniter internasional. Selain itu tidak konsisten dengan Piagam PBB maupun konvensi internasional yang selama ini menjadi rujukan seluruh negara anggota PBB.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement