Kamis 23 Nov 2023 07:21 WIB

Israel Alihkan Mesin Perangnya ke Perbatasan Lebanon Jelang Gencatan Senjata di Gaza

Pesawat tempur Israel menjatuhkan bom fosfor di perbatasan Lebanon.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Jet tempur Israel menjatuhkan amunisi yang tampak seperti bom fosfor putih ke Kfar Kila, desa di perbatasan Lebanon dengan Israel, Rabu, 22 November 2023
Foto: AP Photo/Hussein Malla
Jet tempur Israel menjatuhkan amunisi yang tampak seperti bom fosfor putih ke Kfar Kila, desa di perbatasan Lebanon dengan Israel, Rabu, 22 November 2023

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT -- Pertempuran di perbatasan selatan Lebanon terjadi pada Rabu (22/11/2023), setelah militan Hizbullah meluncurkan rudal Burkan ke posisi tentara Israel hanya beberapa jam sebelum gencatan senjata diumumkan di Jalur Gaza antara Israel dan Hamas. Israel langsung mengalihkan mesin perangnya ke perbatasan Lebanon sesaat setelah gencatan senjata di Gaza.

Pasukan tentara Israel juga menyerang target-target Hizbullah di Lebanon, sementara pesawat-pesawat tempur Israel menjatuhkan bom fosfor yang menyebabkan kebakaran di antara kota Kafr Kila dan Al-Adisa. 

Hizbullah mengatakan bahwa mereka menyerang barak Yiftah, dan juga menargetkan tim pendukung logistik yang sedang melakukan pekerjaan pemeliharaan di situs Bayad Blida. Kelompok militan tersebut menembakkan rudal Burkan ke arah pasukan dan kendaraan Israel di lokasi Raheb dan barak Zarit, sementara barak Mitat, di dekat kota Rmeish, juga menjadi sasaran.

Caretaker Perdana Menteri Najib Mikati mengunjungi Kastil Rashaya di Bekaa barat untuk menandai peringatan 80 tahun kemerdekaan Lebanon. Kastil ini menjadi tempat penahanan para pahlawan kemerdekaan yang dipenjara selama masa mandat Prancis.

Dalam pidatonya, Mikati menyerukan agar peran dan integritas tentara dijaga. "Kami adalah orang-orang yang menginginkan perdamaian dan mencintai budaya damai, tetapi kami tidak dan tidak akan menerima pelanggaran kedaulatan dan penyerangan terhadap hak-hak kami. Jika tidak, apa arti kemerdekaan?" katanya.

Mikati meminta "masyarakat internasional untuk menghalangi Israel dari agresinya, dan pelanggaran terang-terangan terhadap konvensi dan resolusi internasional serta hak asasi manusia dan dari kelanjutannya melakukan pembantaian dan genosida."

Setelah tiba di Beirut pada hari Rabu untuk melakukan pembicaraan dengan para pemimpin Lebanon, Hossein Amir-Abdollahian, menteri luar negeri Iran, mengatakan bahwa nasib Gaza dan Palestina "berada di tangan rakyat Palestina."

Kunjungan Abdollahian bertepatan dengan pembicaraan di Beirut yang melibatkan pejabat hubungan Arab dan Islam Hamas, Khalil Al-Hayya, yang bertemu dengan Sekretaris Jenderal Hizbullah, Hassan Nasrallah.

Bendera Lebanon dikibarkan di Beirut dan beberapa daerah untuk memperingati ulang tahun kemerdekaan. Spanduk-spanduk besar juga dipajang di gedung-gedung di ibukota, dengan pesan yang berbunyi: "Lebanon berusaha menghindari perang untuk mencegah terulangnya peristiwa masa lalu." 

Inisiatif ini merupakan bagian dari kampanye masyarakat sipil yang menentang keterlibatan Lebanon dalam konflik Gaza. Tentara dan dinas keamanan Lebanon tidak mengadakan parade militer yang biasa mereka lakukan karena ketidakhadiran presiden.

Sementara itu, masyarakat Lebanon berduka atas kematian jurnalis Farah Omar dan jurnalis foto Rabea Maamari, yang terbunuh oleh serangan pesawat tak berawak tentara Israel di dekat perbatasan Lebanon pada hari Selasa. Misi Uni Eropa dan kedutaan-kedutaan besar negara-negara anggota yang diwakili di Lebanon mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "ulang tahun kemerdekaan Lebanon jatuh tahun ini dalam situasi regional yang sulit."

Pernyataan tersebut mengeluarkan seruan baru kepada "semua pihak terkait untuk menahan diri untuk menghindari eskalasi lebih lanjut." Herve Magro, duta besar Prancis untuk Lebanon, menandai ulang tahun kemerdekaan dengan menantikan "negara yang bersatu, terbuka, dan berdaulat dalam menghadapi tantangan-tantangan yang dihadapinya." 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement