Kamis 23 Nov 2023 16:59 WIB

Ada Kelegaan dan Ketakutan di Gaza Jelang Gencatan Senjata

Israel tak beri kesempatan warga Gaza untuk meluapkan perasaan bahkan untuk menangis

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Warga Gaza rindu dengan kampung halaman
Foto: EPA-EFE/CHRISTOPHE PETIT TESSON
Warga Gaza rindu dengan kampung halaman

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Khaled Loz sudah lelah dengan perang yang telah berlangsung selama lebih dari enam pekan di Gaza. Pengumuman gencatan senjata sementara memberikan angin segar bagi Loz. Dia hanya ingin tidur ketika gencatan senjata mulai berlaku.

“Itu (tidur) adalah hal pertama yang ingin saya lakukan. Saya bosan dengan pengeboman yang terus menerus,” kata Loz, dilaporkan Aljazirah, Kamis (23/11/2023).

Baca Juga

Pengeboman udara dan tembakan artileri Israel yang berlangsung setiap hari telah membunuh lebih dari 14.000 warga Palestina di Gaza, termasuk lebih dari 5.600 anak-anak. Sementara diperkirakan 1,7 juta orang dari total 2,3 juta penduduk Gaza telah mengungsi, dan banyak dari mereka berpindah dari wilayah utara Jalur Gaza ke selatan menyusul peringatan dari militer Israel.

Namun pengeboman Israel juga meluas ke Gaza tengah dan selatan, sehingga tidak ada satu pun wilayah yang aman. Kamp pengungsi, sekolah, dan rumah sakit juga ikut diserang. Deklarasi gencatan senjata selama empat hari yang akan segera diberlakukan menjanjikan harapan pertama akan adanya kelonggaran bagi masyarakat Gaza.

“Kita bisa mendapatkan kembali jiwa kita sedikit. Kami ingin menyediakan air untuk rumah kami, kami ingin barang-barang masuk, bukan toko-toko yang kosong dimana kami tidak dapat menemukan apa yang kami butuhkan," kata Loz.

Namun gencatan senjata ini juga menjadi kesempatan pertama bagi ribuan keluarga untuk akhirnya berduka atas kehilangan orang-orang tercinta mereka dalam pengeboman tersebut. Sementara warga lainnya berharap jeda pertempuran memungkinkan mereka mencari kerabat dan teman yang hilang. Loz mengatakan, rumah keluarga ibunya di Kota Gaza dibom.

“Saya tidak tahu siapa yang tersisa dari mereka, dan saya tidak tahu siapa yang syahid. Saya ingin mencari paman saya. Di mana mereka, ke mana mereka melarikan diri?,” ujar Loz.

“Kami ingin berduka atas kehilangan mereka. Mereka (Israel) tidak memberi kami kesempatan untuk mengungkapkan perasaan kami, bahkan untuk menangisi teman-teman kami," kata Loz.

Menurut Hamas, gencatan senjata akan memungkinkan pergerakan bebas orang-orang dari utara Gaza ke selatan di sepanjang Jalan Salah al-Din, jalan raya utama wilayah tersebut. Namun tidak ada jaminan pergerakan ke arah utara, yang merupakan basis Kota Gaza, sehingga tidak diketahui apakah orang-orang seperti Loz yang ingin mencari kerabatnya yang hilang di utara akan dapat menuju ke sana.

Etaf Hussien Musataf al-Jamalan, ayah dari lima anak, mengungsi dari Sheikh Radwan, sebuah distrik di Kota Gaza. Dia berharap bisa kembali untuk memeriksa rumahnya selama jeda pertempuran. Al-Jamalan mengatakan, dia memiliki perasaan campur aduk tentang gencatan senjata tersebut.

“Kami ingin memeriksa rumah kami. Mungkin mengambil beberapa perbekalan atau apa pun,” kata al-Jamalan.

Al-Jamalan menambahkan, dia sedih karena ketentuan gencatan senjata mungkin tidak mengizinkan hal itu. Dia tidak tahu apakah rumahnya masih berdiri. Namun dia lebih memilih untuk tinggal di tenda di lingkungan rumahnya daripada tinggal di tenda pengungsi.

Enas al-Jamalah (12 tahun) juga berasal dari Sheikh Radwan. Saat mengungsi ke Deir el-Balah, ia dan ribuan orang lainnya tidur di luar ruangan saat musim dingin tiba di Gaza, dengan suhu turun di malam hari hingga 15 derajat Celsius (59 derajat Fahrenheit).  Dia ingin pulang ke rumahnya untuk mendapatkan kehangatan.

“Kami hanya ingin menjadi hangat,” kata al-Jamalah.

Warga Gaza rindu kampung halaman....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement