Selasa 28 Nov 2023 15:48 WIB

Jurnalis Israel: Israel Jatuh ke Dalam Perangkap Hamas

Israel dan Hamas setuju untuk memperpanjang gencatan senjata selama 2 hari.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Tahanan Palestina yang dibebaskan dari penjara militer Ofer Israel bereaksi ketika mereka disambut oleh massa yang menunggu kepulangan mereka di Beitonia, dekat Ramallah, Tepi Barat, 28 November 2023.
Foto: EPA-EFE/ALAA BADARNEH
Tahanan Palestina yang dibebaskan dari penjara militer Ofer Israel bereaksi ketika mereka disambut oleh massa yang menunggu kepulangan mereka di Beitonia, dekat Ramallah, Tepi Barat, 28 November 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Koresponden militer surat kabar Yedioth Ahronoth, Yossi Yehoshua, mengatakan, gerakan Hamas dan pemimpinnya di Gaza, Yahya Sinwar, telah memanipulasi Israel dalam beberapa hari terakhir sehubungan dengan jeda kemanusiaan. Yehoshua menambahkan, Hamas sedang menentukan syarat-syarat perjanjian dengan Israel dan jumlah warga Palestina yang dibebaskan serta identitas tawanan perang Israel yang ingin dibebaskan.

“Musuh-musuh kami melihat kami dari semua sisi untuk melihat bagaimana kami berperilaku dan bagaimana kami lebih memilih gencatan senjata daripada melanjutkan pertempuran dengan imbalan pemulihan sejumlah kecil orang yang diculik.  Ini tidak berfungsi sebagai pencegahan, dan ini terjadi setelah tentara pulih dari keterkejutan yang mereka alami pada tanggal 7 Oktober,” kata laporan Yehoshua.

Baca Juga

Yehoshua mempertanyakan mengapa tentara pendudukan Israel tidak melancarkan serangan darat besar-besaran terhadap Khan Yunis dan Rafah di Jalur Gaza selatan bersamaan ketika mereka melancarkan serangannya ke Gaza utara. “Banyak petugas bertanya-tanya: Jika kita tidak menyerang Jalur Gaza selatan setelah perang selama 50 hari, kapan hal ini akan terjadi?" ujarnya.

Yehoshua mencatat “saat-saat penghinaan” yang dialami Israel pada Sabtu (25/11/2023) ketika Hamas memutuskan untuk menunda pembebasan tahanan gelombang kedua. Dia mengutip forum militer yang mengatakan bahwa perang tidak akan membuahkan hasil jika Rafah tidak diduduki Israel, dan tentara tidak menguasai perbatasan dengan Mesir. 

Setelah menguasai Rafah, Israel harus mengancam akan memutus seluruh jalur kehidupan di Gaza jika semua tawanan perang tidak dibebaskan.

Gencatan senjata berakhir pada Senin malam. Sebelumnya, Hamas dilaporkan menginginkan perpanjangan gencatan senjata selama empat hari sementara Israel menginginkan perpanjangan dengan syarat tertentu.

Seorang pejabat Israel menegaskan kembali posisi Israel bahwa mereka akan menyetujui satu hari gencatan senjata tambahan untuk pembebasan setiap kelompok yang terdiri dari 10 sandera.  Sebagai imbalannya, jumlah tahanan Palestina yang dibebaskan setiap kali akan mencapai tiga kali lipat jumlahnya. 

Otoritas penjara Israel pada Selasa (28/11/2023) pagi mengatakan, 33 tahanan Palestina telah dibebaskan berdasarkan ketentuan perjanjian gencatan senjata. Tahanan yang dibebaskan termasuk 30 anak-anak Palestina dan tiga wanita.

Para tahanan tiba di Kota Ramallah, Tepi Barat. Mereka disambut dengan sorak-sorai saat bus mereka melintasi jalanan. Dengan mengibarkan bendera Palestina, Hamas, dan Jihad Islam, puluhan warga Palestina berkumpul di luar penjara Ofer Israel dekat Ramallah di Tepi Barat yang diduduki untuk menunggu pembebasan warga Palestina lainnya. Pembebasan ini menjadikan jumlah total tahanan Palestina yang dibebaskan oleh Israel selama jeda awal empat hari pertempuran menjadi 150 orang.

Israel telah menyetujui dimasukkannya 50 tahanan perempuan Palestina ke dalam daftar tahanan yang dijadwalkan untuk dibebaskan jika ada tambahan sandera Israel yang dibebaskan dari Gaza. Pernyataan itu muncul setelah mediator Qatar mengatakan, gencatan senjata akan diperpanjang selama dua hari lagi.

Dalam pertukaran tahanan gelombang keempat, Hamas membebaskan 11 sandera dari Gaza yang kemudian diserahkan ke Palang Merah dan dibawa ke Israel. Dengan demikian, Hamas telah membebaskan 69 dari sekitar 240 sandera yang ditangkap selama serangan ke Israel selatan pada 7 Oktober.

Qatar bersama Mesir telah memfasilitasi perundingan tidak langsung antara Hamas dan Israel. Mereka mengatakan, ada kesepakatan untuk memperpanjang gencatan senjata selama dua hari. Sebelumnya Israel dan Hamas sepakat untuk gencatan senjata selama empat hari yang dimulai pada Jumat (24/11/2023) dan berakhir pada Senin (27/11/2023).

“Kami punya perpanjangan dua hari lagi. Ini adalah langkah yang sangat positif," kata Duta Besar Qatar untuk PBB Alya Ahmed Saif Al Thani kepada wartawan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement