Rabu 29 Nov 2023 17:03 WIB

1,8 Juta Orang di Polandia Hidup dalam Kemiskinan Ekstrem

Keluarga di Polandia hanya memiliki uang sekitar Rp 78 ribu per hari.

Warga Ukraina yang saat ini tinggal di Polandia berjalan di atas peron saat mereka bersiap untuk menaiki kereta Ukraina menuju Ukraina, di stasiun di Przemysl, Polandia, Senin, 7 Maret 2022.
Foto: AP/Czarek Sokolowski
Warga Ukraina yang saat ini tinggal di Polandia berjalan di atas peron saat mereka bersiap untuk menaiki kereta Ukraina menuju Ukraina, di stasiun di Przemysl, Polandia, Senin, 7 Maret 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- Sebanyak 1,8 juta warga Polandia atau hampir lima persen dari populasi hidup dalam kemiskinan ekstrem. Sebanyak 400 ribu di antaranya anak-anak dan 300 ribu pensiunan.

Berdasarkan data dari Kantor Pusat Statistik Polandia (GUS) pada 2022, laporan dari sebuah pusat penelitian independen Szlachetna Paczka menyebutkan keluarga yang mengalami kemiskinan ekstrem hanya memiliki uang 20 zloty Polandia (sekitar Rp 78.282) per hari untuk bertahan hidup.

Baca Juga

Hidup dalam kemiskinan ekstrem didefinisikan harus bertahan hidup dengan uang sebesar 753,92 zloty (sekitar Rp 2,9 juta) untuk rumah tangga dengan satu orang dan 670,15 zloty (sekitar Rp 2,6 juta) per bulan untuk anggota keluarga dalam rumah tangga yang terdiri atas banyak orang.

Hampir 12 persen warga Polandia atau sekitar 4,5 juta jiwa hidup dalam kemiskinan dan hampir tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka. "Seorang anak yang kelaparan tidak memiliki kesempatan yang sama untuk bisa sekolah. Dia tidak punya energi, pendiam, sehingga cenderung tidak belajar membangun hubungan dengan teman sebaya. Dia juga tidak punya siapa pun untuk dimintai bantuan. Dia terjebak dalam lingkaran setan," demikian disebutkan dalam laporan tersebut.

Laporan itu juga menyebutkan tiga persen warga Polandia tidak mampu membeli kebutuhan pokok, misalnya makanan dan sabun. Sebanyak 41 persen rumah tangga di Polandia tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar biologis dan sosial.

Laporan itu juga menemukan orang miskin sering kali bukan pengangguran, tetapi bekerja dengan upah rendah. Pada 2018, sebanyak 1,7 juta pekerja Polandia berisiko hidup miskin dan bahwa setiap sepertiga warga Polandia tidak memiliki tabungan apa pun dalam enam bulan terakhir.

Biaya hidup masih meningkat pada 2022, dengan harga makanan naik hampir 22 persen dan harga sewa rumah lebih dari 20 persen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement