Selasa 12 Dec 2023 11:28 WIB

Betlehem Hadapi Natal Terburuk

Betlehem ditutup saat Natal

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Sebuah gereja di kota bersejarah Betlehem di Tepi Barat membuat dekorasi Natal tahun ini menggunakan puing
Foto: Anadolu
Sebuah gereja di kota bersejarah Betlehem di Tepi Barat membuat dekorasi Natal tahun ini menggunakan puing

REPUBLIKA.CO.ID, BETHLEHEM -- Betlehem biasanya paling sibuk saat menjelang Natal. Tahun ini perang telah membuat takut wisatawan dan peziarah dari kota Palestina di wilayah pendudukan Tepi Barat, menyebabkan hotel, restoran, dan toko suvenir sepi di kota tersebut.

Berita utama global sejak 7 Oktober didominasi oleh berita tentang serangan Hamas di Israel selatan, diikuti oleh serangan militer Israel di Gaza dan meningkatnya kekerasan di Tepi Barat. Kabar tersebut membuat para pemilik bisnis di Bethlehem mengatakan, tidak ada seorang pun yang datang.

Baca Juga

"Kami tidak punya tamu. Tidak seorang pun," kata pemilik Hotel Alexander Joey Canavati yang keluarganya telah tinggal dan bekerja di Bethlehem selama empat generasi.

"Ini Natal terburuk yang pernah ada. Betlehem ditutup saat Natal. Tidak ada pohon Natal, tidak ada kegembiraan, tidak ada semangat Natal," katanya.

Terletak tepat di sebelah selatan Yerusalem, Betlehem sangat bergantung pada pendapatan dan kunjungan wisatawan dari seluruh dunia yang datang untuk melihat Gereja Kelahiran. Tempat itu diyakini oleh umat Kristen berdiri di tempat kelahiran Yesus.

Canavati mengatakan, sebelum 7 Oktober, hotelnya sudah penuh dipesan untuk Natal, sampai-sampai dia mencari kamar di tempat lain di kota itu untuk membantu orang-orang yang tidak dapat penginapan. Sejak perang dimulai, semua orang membatalkan, termasuk pemesanan untuk tahun depan.

“Yang kami terima di surel hanyalah pembatalan demi pembatalan demi pembatalan,” kata Canavati.

Canavati membuka pintu dari satu kamar ke kamar lain yang kosong dan menunjukkan ruang makan yang sunyi. "Kami memiliki setidaknya 120 orang yang makan malam di sini setiap malam dan tempat itu penuh sesak. Kebisingan, orang-orang. Kini, semuanya kosong. Tidak ada sarapan Natal, tidak ada makan malam Natal, tidak ada prasmanan Natal," katanya.

Manger Square di Betlehem, sebuah ruang beraspal besar di depan Gereja Kelahiran yang biasanya berfungsi sebagai titik fokus perayaan Natal, sepi dan hampir kosong, begitu pula jalan-jalan terdekat di mana sebagian besar toko suvenir tutup.

Dua bulan tanpa peziarah atau turis...

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement