Kamis 14 Dec 2023 15:46 WIB

Menlu Retno: Akar Masalah Pengungsi Rohingya Harus Diselesaikan

Kekerasan di Myanmar akibat pertentangan antara junta militer dan warga sipil.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.
Foto: Dok Kemlu
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Global Refugee Forum (GRF) di Kantor PBB, Jenewa, Swiss menegaskan akar masalah pengungsi Rohingya harus segera diselesaikan, Rabu (13/12/2023).

Menurut dia, kekerasan yang terus terjadi di Myanmar akibat pertentangan antara junta militer dan warga sipil telah memaksa warga Rohingya untuk meninggalkan negara itu, dan banyak di antara mereka akhirnya masuk ke Indonesia.

Baca Juga

“Karena itu, saya mengajak masyarakat internasional bekerja sama menghentikan konflik dan memulihkan demokrasi di Myanmar, sehingga pengungsi Rohingya dapat kembali ke rumah mereka, yaitu di Myanmar,” ujar Retno ketika menyampaikan keterangan pers secara daring dari Jenewa.

Selain itu di dalam Forum GRF, dia juga mengingatkan adanya indikasi kuat para pengungsi telah menjadi korban dari tindak pidana perdagangan dan penyelundupan manusia atau (TPPO), termasuk ribuan pengungsi yang datang ke Indonesia. Praktik TPPO disebut Retno semakin menambah kompleksitas dan sulitnya penanganan isu pengungsi.

“Saya jelaskan Indonesia tidak akan ragu-ragu untuk memerangi TPPO yang merupakan kejahatan transnasional. Namun, Indonesia tidak dapat menjalankannya sendiri,” kata dia.

Oleh karena itu, Menlu Retno menyerukan...

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement