Senin 18 Dec 2023 23:50 WIB

Turki Terus Berikan Bantuan Vital kepada Palestina

Turki melanjutkan upayanya untuk memberikan bantuan kemanusiaan.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Bantuan untuk Palestina
Foto: AP Photo/Hatem Ali
Bantuan untuk Palestina

REPUBLIKA.CO.ID,ANKARA — Juru bicara FM Turki mengumumkan upaya berkelanjutan dengan Kepresidenan Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD). Turki mengirimkan 2.500 ton bantuan ke pelabuhan Al Arish, sementara kolaborasi dengan Bulan Sabit Merah Turki meningkatkan harapan bagi mereka yang membutuhkan di Gaza.

“Turki melanjutkan upayanya untuk memberikan bantuan kemanusiaan yang mendesak bagi warga Palestina,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Turki, Oncu Keceli dilansir dari TRT World, Senin (18/12/2023).

Baca Juga

"Kami melanjutkan upaya kami, bersama dengan semua institusi dan organisasi kami, untuk memberikan bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan untuk orang-orang Palestina," kata Oncu Keceli di X.

Dalam koordinasi dengan AFAD, otoritas manajemen bencana Turki, sekitar 2.500 ton bantuan kemanusiaan tiba di pelabuhan Al Arish di Mesir melalui 13 pengiriman udara dan dua kapal antara 13 Oktober dan 12 Desember. “Angka ini diperkirakan akan meningkat,” tambahnya.

Sedangkan kolaborasi antara Bulan Sabit Merah Turki (Kizilay) dan asosiasi bantuan Kuwait, sebuah kapal yang membawa 1.107 ton persediaan mendekati pelabuhan Al Arish.

Badan Kerjasama dan Koordinasi Turki (TIKA) memberikan bantuan kepada pekerja Gaza yang terdampar di Tepi Barat yang diduduki, Keceli mengatakan sebuah rumah sakit lapangan di Gaza akan segera didirikan.

Sejak 16 November, sebanyak 182 pasien dan orang yang terluka, bersama dengan 147 pendamping, telah dipindahkan dari Gaza ke Turki, dan dirawat di rumah sakit, kata juru bicara itu.

Sumber:

https://www.trtworld.com/turkiye/turkiye-continues-delivering-vital-assistance-to-palestinians-16290764

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement