Selasa 19 Dec 2023 16:36 WIB

DK PBB Tunda Pemungutan Suara Terkait Resolusi Gaza

Negara anggota DK PBB belum mencapai kesepakatan mengenai rancangan resolusi.

Sidang Dewan Keamanan PBB
Foto: VOA
Sidang Dewan Keamanan PBB

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) memutuskan menunda pemungutan suara mengenai rancangan resolusi terkait situasi di Gaza. Rancangan resolusi tersebut menyerukan penghentian segera permusuhan di Gaza guna membuka akses tanpa hambatan untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan ke wilayah kantong tersebut.

Pemungutan suara semula dijadwalkan dilakukan pada Senin (18/12/2023) malam, waktu setempat. Namun, negara-negara anggota Dewan Keamanan belum mencapai kesepakatan mengenai rancangan resolusi tersebut, menurut informasi yang diperoleh Anadolu dari sumber-sumber PBB.

Baca Juga

photo
Dewan Keamanan PBB menggelar rapat darurat membahas resolusi gencatan senjata di Jalur Gaza pada Jumat (8/12/2023). - (Tim infografis republika.co.id)

Teks tersebut, yang disusun oleh Uni Emirat Arab (UAE), menegaskan kembali, semua pihak yang berkonflik harus mematuhi kewajiban mereka berdasarkan hukum internasional. Mereka juga meminta agar mekanisme pemantauan PBB dikerahkan secepatnya.

Teks tersebut juga menyerukan pembebasan semua sandera secepatnya dan tanpa syarat, dan mengutuk secara tegas semua pelanggaran hukum kemanusiaan internasional. Termasuk serangan tanpa pandang bulu terhadap warga sipil.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement