Sabtu 23 Dec 2023 18:05 WIB

Garda Revolusi Iran Ancam Tutup Laut Tengah

Namun, tidak dijelaskan secara detail bagaimana cara Iran menutup jalur Laut Tengah.

Rep: Lintar Satria, Kamran Dikrama/ Red: Andri Saubani
Foto selebaran yang disediakan oleh situs web resmi Garda Revolusi Iran (IRGC) (SEPAHNEWS) menunjukkan, rudal Fattah (hipersonik) buatan Iran saat  upacara pembukaan di Teheran, Iran, Selasa (6/6/2023). Menurut IRGC Iran, Iran telah menciptakan rudal hipersonik rudal yang mampu menempuh 15 kali kecepatan suara dalam jarak 1.400 km.
Foto:

Amerika Serikat (AS) menuduh Iran terlibat erat dalam serangan yang dilakukan kelompok Houthi Yaman terhadap kapal-kapal komersial di Laut Merah. AS menyebut Teheran memasok drone, rudal, dan intelijen taktis kepada Houthi.

“Kami tahu bahwa Iran sangat terlibat dalam perencanaan operasi terhadap kapal-kapal komersial di Laut Merah,” kata Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional AS Adrienne Watson, Jumat (22/12/2023), dikutip laman Al Arabiya.

Menurut Watson, hal itu konsisten dengan dukungan material jangka panjang Iran dan dorongan terhadap tindakan destabilisasi Houthi di kawasan. “Kami tidak punya alasan untuk percaya bahwa Iran berusaha menghalangi kelompok Houthi melakukan perilaku sembrono ini,” ucapnya.

Pada Senin (18/12/2023) lalu, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengumumkan peluncuran Operation Prosperity Guardian (OPG). Dia mengatakan, OPG dibentuk sebagai respons atas serangan Houthi terhadap kapal-kapal komersial di Laut Merah.

“Meningkatnya serangan Houthi yang berasal dari Yaman baru-baru ini mengancam kebebasan perdagangan, membahayakan pelaut yang tidak bersalah, dan melanggar hukum internasional,” ujar Austin.

photo
Dewan Keamanan PBB menggelar rapat darurat membahas resolusi gencatan senjata di Jalur Gaza pada Jumat (8/12/2023). - (Tim infografis republika.co.id)

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement