Senin 25 Dec 2023 13:19 WIB

Mahmoud Abbas: Serangan Israel di Gaza tak Bedakan Warga Muslim dan Kristen

Israel terus lakukan serangan intensif di Jalur Gaza

Rep: Kamran Dikarma / Red: Nashih Nashrullah
Presiden Palestina Mahmoud Abbas mendorong diakhirinya perang Gaza
Foto: AP Photo/Jacquelyn Martin
Presiden Palestina Mahmoud Abbas mendorong diakhirinya perang Gaza

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH – Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan, agresi Israel ke Jalur Gaza tak membedakan antara warga Muslim dan Kristen. Hal itu disampaikan ketika umat Kristiani, termasuk mereka yang berada di Palestina, menyambut hari raya Natal.

Abbas mengatakan pasukan Israel secara brutal mengebom Rumah Sakit Baptis Evangelis, Pusat Kebudayaan Ortodoks, Aula Gereja Ortodoks Yunani, dan Gereja Keluarga Kudus, serta masjid, sekolah, dan rumah sakit di Gaza.

Baca Juga

“Serangan-serangan ini tidak membedakan antara seorang Muslim dan seorang Kristen,” kata Abbas dalam pidato ucapan Natal-nya, dilaporkan kantor berita Palestina, WAFA.

“Agresi pendudukan menargetkan kehadiran umat Kristen, seluruh rakyat kita, dan tempat-tempat suci Islam dan Kristen di Yerusalem dan Tepi Barat,” tambah Abbas.

Umat Kristen Palestina telah mengumumkan pembatalan seluruh perayaan Natal tahun ini. Langkah itu diambil sebagai bentuk solidaritas mereka dengan penduduk di Gaza. Di Betlehem, Tepi Barat, tak ada perayaan dan kemeriahan Natal.

Natal biasanya dirayakan dengan meriah dan penuh sukacita di Betlehem. Sebab umat Kristiani meyakini, Yesus Kristus dilahirkan di kota tersebut.

Dilaporkan Al Arabiya, para pemimpin gereja di Betlehem telah memutuskan untuk tidak merayakan Natal dengan “kemeriahan yang tidak perlu”. Bahkan pohon-pohon Natal yang biasanya menghiasi jalanan di kota tersebut, kini tak tampak lagi. Hal itu dilakukan sebagai bentuk solidaritas mereka kepada warga di Jalur Gaza.

Kelompok Hamas memuji keputusan warga Kristen Palestina yang membatasi perayaan Natal tahun ini sebagai bentuk solidaritas kepada penduduk di Jalur Gaza.

“Hari libur umat Kristen kita datang tahun ini di tengah berlanjutnya agresi fasis yang dilancarkan oleh (pasukan) pendudukan (Israel) terhadap seluruh komponen rakyat Palestina yang menargetkan semua masjid dan gereja,” kata Hamas dalam sebuah pernyataan, Ahad lalu, dikutip laman Anadolu Agency.

“Kami menghargai posisi umat Kristiani dari rakyat Palestina yang kami hormati yang membatasi perayaan mereka tahun ini dan bersatu dengan rakyat kami di Jalur Gaza, yang menjadi sasaran agresi brutal Zionis,” tambah Hamas dalam pernyataannya.

Pada Ahad kemarin atau sehari sebelum Natal dirayakan, Israel terus meluncurkan serangan udara ke seluruh Gaza. Sedikitnya 20.400 penduduk Gaza telah terbunuh sejak Israel memulai agresinya pada 7 Oktober 2023. Sementara korban luka melampaui 54 ribu orang.

Israel bom Gereja Santo Porfiri di Gaza ...

     

photo
Israel kembali menggempur Jalur Gaza setelah berakhirnya gencatan senjata pada Jumat (1/12/2023) pagi. - (Tim Infografis Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement