Jumat 29 Dec 2023 17:46 WIB

Tank dan Rudal Israel Gempur Selatan dan Tengah Gaza

Warga Palestina bersiap menghadapi serangan darat baru.

Rep: Lintar Satria/ Red: Ani Nursalikah
Unit artileri bergerak Israel menembakkan peluru dari Israel selatan menuju Jalur Gaza di dekat perbatasan Israel-Gaza pada Kamis, 28 Desember 2023.
Foto: AP Photo/Ohad Zwigenberg
Unit artileri bergerak Israel menembakkan peluru dari Israel selatan menuju Jalur Gaza di dekat perbatasan Israel-Gaza pada Kamis, 28 Desember 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Pasukan Israel menyerang wilayah tengah dan selatan Jalur Gaza. Warga bersiap menghadapi serangan darat baru ke daerah yang dipadati puluhan ribu pengungsi Palestina.

Petugas medis mengatakan serangan udara Israel ke sebuah rumah di selatan Kota Khan Younis pada Kamis (28/12/2023) malam membunuh delapan orang. Palang Merah Palestina mengatakan tiga warga Palestina gugur dan enam lainnya terluka dalam serangan rudal Israel ke sebuah rumah di kamp Maghazi di Gaza tengah.

Baca Juga

"Tugas di sini adalah untuk membubarkan Hamas, jadi mereka tidak lagi memiliki kapabilitas militer dan pemerintahan. Kami akan perlu menunjukkan banyak tekad dan keteguhan," kata Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant, Kamis (28/12/2023).

Jurnalis Palestina mengunggah foto-foto tank-tank Israel di dekat masjid yang dibangun di daerah Bureij, Gaza tengah. Hamas merilis video yang menunjukkan pejuangnya menyerang tank-tank dan tentara-tentara Israel di timur Bureij. Lokasi dan kapan video itu diambil belum dapat diverifikasi.

"Momentumnya sudah tiba, saya berharap tidak akan pernah terjadi, tapi pengungsian harus dilakukan," kata Omar yang terpaksa mengungsi bersama 35 anggota keluarganya.

Pria berusia 60 tahun itu menolak memberikan nama belakangnya karena takut menjadi incaran tentara Israel. Yamen Hamad harus tinggal di dalam sekolah di Deir al-Balah, yang juga terletak di Gaza tengah, sejak ia mengungsi dari Gaza utara. Ia mengatakan orang-orang yang baru mengungsi dari Bureij dan Nuseirat mendirikan tenda-tenda di setiap lahan kosong yang dapat mereka temukan.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza...

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement