Kamis 04 Jan 2024 13:52 WIB

Sayangkan Keputusan Afrika Selatan Soal Israel, AS tak Lihat Ada Bukti Genosida di Gaza

AS menilai keputusan Afrika Selatan terkait Israel adalah perbuatan tak berdasar.

Warga Palestina berduka atas kematian kerabat mereka dalam pemboman Israel di Jalur Gaza, di luar kamar mayat di Rafah, Gaza selatan, Jumat, 29 Desember 2023.
Foto: AP Photo/Fatima Shbair
Warga Palestina berduka atas kematian kerabat mereka dalam pemboman Israel di Jalur Gaza, di luar kamar mayat di Rafah, Gaza selatan, Jumat, 29 Desember 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat (AS) pada Rabu (3/1/2023), mengatakan keputusan Afrika Selatan untuk menyeret kasus genosida yang diduga dilakukan Israel ke Mahkamah Internasional (ICJ) sebagai tindakan yang sia-sia. Departemen Luar Negeri AS mengatakan tidak melihat bukti yang menunjukkan bahwa Israel telah melakukan genosida terhadap warga Palestina.

“Menurut kami, tindakan ini tidak akan menghasilkan apa pun,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Matthew Miller, kepada wartawan.

Baca Juga

“Genosida, tentu saja, adalah sebuah kekejaman yang keji, salah satu kekejaman paling keji yang dapat dilakukan oleh siapa pun,” kata Miller, seraya menambahkan bahwa tuduhan tersebut serius dan tidak boleh diabaikan.

Namun, Miller mengatakan AS tidak melihat adanya tindakan yang menunjukkan genosida.

"Kami terus mengumpulkan informasi, seperti yang selalu kami lakukan, tetapi kami belum memiliki kesimpulan yang dapat kami sampaikan," kata Miller ketika ditanya apakah AS melihat adanya tindakan kejahatan perang di Gaza.

Sementara itu, Gedung Putih mengatakan langkah Afrika Selatan untuk menyeret kasus genosida Israel ke ICJ sebagai tindakan yang "tidak pantas, kontraproduktif, dan sama sekali tidak memiliki dasar apa pun."

Afrika Selatan pada pekan lalu mengajukan permohonan untuk memulai proses hukum terhadap Israel di ICJ yang berbasis di Den Haag.

Permohonan tersebut berkaitan dengan klaim bahwa Israel telah melanggar kewajibannya di bawah Konvensi Genosida terhadap warga Palestina di Jalur Gaza, menurut ICJ.

“Israel telah terlibat, sedang terlibat, dan berisiko terlibat lebih lanjut dalam tindakan genosida terhadap rakyat Palestina di Gaza,” kata Afrika Selatan.

Negara itu meminta ICJ untuk melakukan tindakan sementara dan menuduh Israel melanggar Konvensi Genosida PBB 1948 dengan aksi-aksinya di Gaza sejak 7 Oktober 2023.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement