Rabu 10 Jan 2024 15:55 WIB

Yordania Gelar Pertemuan Puncak dengan Mesir-Palestina Bahas Gaza

Pertemuan puncak itu diadakan sebagai bagian dari upaya menyatukan sikap Arab.

Seorang tentara Israel mempersiapkan drone untuk diluncurkan di dekat perbatasan Israel-Gaza, Israel selatan, Selasa, (9/1/2024).
Foto: AP Photo/Leo Correa
Seorang tentara Israel mempersiapkan drone untuk diluncurkan di dekat perbatasan Israel-Gaza, Israel selatan, Selasa, (9/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, AMMAN -- Para pemimpin Yordania, Mesir, dan Palestina akan mengadakan pertemuan puncak di kota Aqaba, Yordania untuk membahas situasi di Jalur Gaza, Rabu (10/1/2024).

Istana Kerajaan Yordania mengungkapkan Raja Abdullah II akan bertemu dengan Presiden Mesir Abdel-Fattah al-Sisi dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas guna membahas perkembangan membahayakan di Gaza dan situasi di Tepi Barat.

Baca Juga

"Pertemuan puncak itu diadakan sebagai bagian dari upaya menyatukan sikap Arab guna mendorong gencatan senjata segera di Gaza dan memastikan pengiriman bantuan kemanusiaan tidak terhambat,” kata Istana Kerajaan Yordania.

Pertemuan itu berlangsung ketika Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken sedang melakukan tur kawasan untuk mencegah meluasnya konflik di kawasan ini. Serangan Israel di Jalur Gaza terus berlanjut sejak 7 Oktober 2023 sehingga membunuh sedikitnya 23.210 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak.

Serangan tersebut juga melukai 59.167 lainnya, sedangkan Israel kehilangan sekitar 1.200 warga akibat serangan Hamas pada 7 Oktober 2023.

Sekitar 85 persen warga Gaza mengungsi dalam kondisi rawan pangan, sementara ratusan ribu orang hidup tanpa tempat berlindung, dan jumlah truk bantuan yang memasuki Jalur Gaza tak sampai separuhnya dari bantuan yang masuk sebelum konflik pecah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement