Selasa 23 Jan 2024 18:47 WIB

Kemenlu Pastikan tidak Ada WNI Korban Gempa di Xinjiang

Gempa menyebabkan beberapa orang terluka setelah sejumlah rumah runtuh.

Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta.
Foto: Republika/Prayogi
Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) memastikan tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang jadi korban gempa bumi di Xinjiang, China.

“Berdasarkan catatan lapor diri KBRI Beijing pada Portal Peduli WNI, tidak terdapat WNI yang berdomisili di wilayah terdampak,” kata Juru Bicara Kemlu Lalu Muhamad Iqbal melalui pesan singkat pada Selasa (23/1/2024).

Baca Juga

KBRI Beijing disebutnya juga telah berkoordinasi dengan otoritas China dan berkomunikasi dengan komunitas Indonesia di wilayah terdampak. “Hingga saat ini tidak terdapat informasi adanya korban WNI,” ujar Iqbal.

Gempa bermagnitudo 7,1 mengguncang Daerah Otonomi Uighur di Xinjiang, barat laut China pada Selasa pagi. Gempa menyebabkan beberapa orang terluka setelah sejumlah rumah runtuh.

Pusat gempa terletak di kedalaman 22 kilometer di di wilayah perbatasan pegunungan Wilayah Wushi. Guncangan dirasakan di seluruh wilayah itu dan negara-negara tetangga, seperti Kyrgyzstan dan Kazakhstan.

Beberapa tempat tinggal dan kandang ternak runtuh di daerah dekat pusat gempa. Xinhua News melaporkan beberapa penggembala menderita luka ringan.

Gempa juga dirasakan di sepanjang Xinjiang, termasuk Urumqi, Hotan, dan Kashgar. Otoritas setempat telah mengerahkan tim penyelamat ke wilayah Wushi. Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa dari area terdampak.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement