Jumat 26 Jan 2024 15:26 WIB

AS Dilaporkan akan Pasok Jet Tempur F-35 dan F-15 ke Israel

AS juga akan memasok drone dan ribuan amunisi untuk Tel Aviv.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
Jet tempur Joint Strike Fighter F-35A buatan Lockheed Martin di lokasi yang tak disebutkan namanya.
Foto:

“Israel akan menggunakan peningkatan kemampuan tersebut sebagai pencegah ancaman regional dan untuk memperkuat pertahanan dalam negerinya,” kata Pentagon, 9 Desember 2023.

Ia menambahkan tidak akan ada dampak buruk terhadap kesiapan pertahanan AS akibat penjualan tersebut. Menurut Pentagon, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menetapkan dan memberikan pembenaran rinci kepada Kongres bahwa peluru tank harus segera diberikan kepada Israel demi kepentingan keamanan nasional AS.

Seorang pejabat Deplu AS mengungkapkan Washington terus menegaskan kepada Pemerintah Israel bahwa mereka harus mematuhi hukum kemanusiaan internasional dan mengambil setiap langkah yang mungkin untuk menghindari kerugian terhadap warga sipil. Dia menyebut, usulan penjualan terbaru menunjukkan komitmen AS terhadap keamanan Israel dan akan meningkatkan kemampuan pertahanan Israel.

Para aktivis hak asasi manusia menyatakan keprihatinan mereka atas keputusan penjualan ribuan peluru tank oleh AS kepada Israel tersebut. Menurut mereka, langkah itu tak sejalan dengan upaya Washington untuk menekan Israel agar meminimalkan korban sipil dalam perangnya di Gaza.

Saat ini, pertempuran masih berlangsung di Gaza. Konfrontasi sengit berlangsung di Khan Younis, Jalur Gaza selatan. Sejauh ini sekitar 25.900 warga Gaza telah terbunuh akibat agresi Israel yang dimulai pada 7 Oktober 2023. Sementara korban luka melampaui 64 ribu orang.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement