Rabu 31 Jan 2024 20:46 WIB

Norwegia Desak Negara-Negara Donor Kaji Ulang Dampak Penghentian Dana untuk UNRWA

Norwegia tetap pertahankan bantuan untuk UNRWA.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Persiapan pemakaman massal jenazah korban serangan Israel di kamp Rafah, selatan Jalur Gaza, Selasa (30/1/2024). UNRWA berisiko tidak bisa melanjutkan pemberian bantuan kepada pengungsi Palestina.
Foto:

Lazzarini mengingatkan, UNRWA adalah lembaga kemanusiaan utama di Gaza. Dia menyebut lebih dari 2 juta orang di Gaza bergantung pada UNRWA untuk kelangsungan hidup mereka.

"Banyak yang kelaparan karena waktu terus berjalan menuju bencana kelaparan yang akan terjadi. Badan ini mengelola tempat penampungan bagi lebih dari 1 juta orang dan menyediakan makanan serta layanan kesehatan dasar bahkan pada puncak permusuhan," ungkapnya.

"Saya mendesak negara-negara yang telah menangguhkan pendanaan mereka untuk mempertimbangkan kembali keputusannya sebelum UNRWA terpaksa menghentikan respons kemanusiaannya. Kehidupan masyarakat di Gaza bergantung pada dukungan ini dan begitu pula stabilitas regional," kata Lazzarini.

Bukan kali ini saja Israel menuduh staf-staf UNRWA bekerja atau terlibat dalam operasi Hamas. Hal itu menjadi dalih bagi Israel untuk menyerang fasilitas-fasilitas UNRWA di Gaza.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement