Sabtu 03 Feb 2024 17:32 WIB

Koalisi 3 Negara Tempuh Upaya Diplomatik Sensitif Jamin Pembebasan Sandera Gaza

Hamas disebut tengah bahas genjatan senjata dengan Israel

Warga Israel menyambut suka cita pembebasan warga Israel yang menjadi sandera Hamas di Tel Aviv, Israel (ilustrasi)
Foto: AP Photo/Ariel Schalit
Warga Israel menyambut suka cita pembebasan warga Israel yang menjadi sandera Hamas di Tel Aviv, Israel (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON— Amerika Serikat, Qatar, dan Mesir melakukan upaya diplomatik yang sensitif untuk menjamin pembebasan sandera di Jalur Gaza, demikian menurut perwakilan Amerika Serikat di PBB pada Jumat (2/2/2024).

"Kami terus bekerja tanpa lelah bersama Qatar, Mesir dan mitra regional lainnya untuk membuat usulan yang kuat dan meyakinkan. Perjanjian kami adalah kesempatan terbaik untuk menyatukan seluruh sandera dengan keluarga mereka," kata Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Linda Thomas-Greenfield kepada wartawan di kantor pusat PBB di New York.

Baca Juga

Amerika Serikat terus berupaya mencapai resolusi berkelanjutan bagi konflik yang terjadi sehingga rakyat Israel dan Palestina dapat hidup berdampingan dan menikmati keamanan, martabat dan kebebasan yang sama, kata Thomas-Greenfield.

Usulan tersebut akan menggerakkan semua pihak selangkah lebih dekat  dalam menciptakan kondisi penghentian permusuhan berkelanjutan, ujar dia.

"Dewan (Keamanan PBB) memiliki kewajiban, yang memastikan setiap tindakan yang diambil beberapa hari ke depan dapat meningkatkan tekanan kepada Hamas untuk menerima usulan itu," lanjut Thomas-Greenfield.

Thomas-Greenfield mengatakan ada dua resolusi Dewan Keamanan di Gaza dan menambahkan bahwa rancangan resolusi itu menuntut jeda kemanusiaan segera, yang diajukan Aljazair, dapat membahayakan negosiasi sensitif untuk menengahi kesepakatan pembebasan sandera.

“Pada akhirnya, sekarang adalah waktu untuk memberikan ruang bagi negosiasi penyanderaan yang sensitif untuk mendukung usulan koordinator khusus (Gaza PBB) (Sigrid) Kaag,” katanya.

Baca juga: Mengapa Kita Dianjurkan Perbanyak Shalawat? Ini Penjelasan Imam Al Ghazali

Tanpa memberikan jangka waktu bagi negosiasi, Thomas-Greenfield mengatakan: "Negosiasi butuh waktu, namun kami memberikannya waktu, kami berupaya di lapangan."

Kelompok perlawanan Palestina, Hamas, pada Selasa memastikan pihaknya telah menerima usulan yang dicapai pada hari sebelumnya di KTT Paris yang mempertemukan Israel, Qatar, Mesir dan Amerika Serikat untuk kesepakatan gencatan senjata dan pertukaran sandera dengan Israel.

photo
BUKTI GENOSIDA ISRAEL - (Republika)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement